Pioli: Milan Lakukan "Kesalahan yang Mahal" di Liga Champions

Pioli
Pioli (Net)

KLIKPOSITIF - Stefano Pioli mengakui kesalahan Milan sendiri terbukti 'mahal pada level ini' dalam kekalahan 2-1 dari Liverpool, saat mereka tersingkir dari Liga Champions.

Rossoneri tahu mereka membutuhkan keajaiban untuk memasuki pertandingan terakhir grup, karena mereka harus mengalahkan Liverpool dan berharap Porto bermain imbang dengan Atletico Madrid, atau bahwa Spanyol menang tanpa membalikkan selisih gol secara keseluruhan.

baca juga: Berapa Harga Tiket Pertandingan Piala Dunia Qatar 2022?

Seperti yang terjadi, Atleti menang 3-1 di Portugal dan Milan menggagalkan gol pembuka Fikayo Tomori untuk kalah 2-1, kedua kali Mike Maignan membuat penyelamatan hanya untuk para pemain Liverpool bereaksi lebih cepat pada rebound.

"Kami tahu grup ini sangat sulit, dan begitu juga pertandingan malam ini, tetapi sayangnya kami tidak dapat menjaga tempo yang cukup tinggi dan kami membuat terlalu banyak kesalahan, yang pada level ini mahal," kata Pioli kepada Sky Sport Italia.

baca juga: George Russell Aset Besar F1, Tandem Hamilton Musim 2022

"Ada penyesalan, karena saya pikir kami pantas mendapatkan lebih, terutama melawan Atletico Madrid dan Porto di kandang. Karena itu, itu bisa terjadi pada level ini untuk skuad yang tidak berpengalaman.

"Kami telah melihat jenis lawan yang ada di Eropa, kualitas dan fokus yang dibutuhkan, jadi kami akan belajar dari itu. Tetap di Eropa adalah tujuan kami, tetapi kami akan mencoba mengambil pelajaran dari pengalaman ini dan terus berkembang."

baca juga: Pebulutangkis Peringkat 7 Dunia Mundur dari Timnas Malaysia

Tekanan tinggi Liverpool menyebabkan masalah khusus bagi Diavolo di San Siro malam ini, tetapi Pioli tidak mengubah pendekatan.

"Kadang-kadang kami bisa mencoba bola panjang di atas dan melewatkan lini tengah untuk memanfaatkan kehadiran Zlatan, tetapi masalah terbesar yang saya pikir adalah terlalu sering kami bermain mundur daripada maju. Misalnya, pada gol kedua kami memindahkannya ke belakang, mengundang pers dan itu memberi tekanan pada semua orang di tepi area kami."

baca juga: Kontrak dengan MU Habis Akhir Musim, Pogba Dikabarkan Pilih Klub Ini

Dua gol yang kebobolan malam ini sangat mirip, karena dalam kedua kasus tersebut Maignan melakukan penyelamatan dan para pemain Liverpool bereaksi paling cepat saat melakukan rebound.

"Saya sedikit terkejut dengan Porto, tetapi ini adalah tim yang terbiasa dengan Liga Champions, sedangkan itu adalah pertama kalinya bagi banyak dari kami, jadi kami sedikit menderita dalam hal mentalitas dan persiapan. Kami bisa memiliki kualitas lebih hari ini dan meningkatkan tempo, tetapi babak pertama cukup baik. Kami harus tetap solid dan saya pikir kami melakukannya sampai menyamakan kedudukan.

"Sayangnya, kebobolan gol kedua seperti itu membuat angin keluar dari layar kami, tetapi kami memiliki peluang sampai akhir dengan Krunic, Messias dan Kessie. Ini adalah Liga Champions, kesalahan kami membuat kami kehilangan gol dan itulah yang perlu kami tingkatkan.

"Ini mengecewakan, tetapi itu akan membantu proses pertumbuhan dan kami membutuhkan pengalaman seperti ini untuk membuat kami lebih kuat di masa depan."

Pioli juga mengungkapkan dia berbicara dengan manajer Liverpool Jurgen Klopp tentang keadaan lapangan di San Siro, yang jauh dari Anfield.

Banyak fans Milan akan senang untuk menyelesaikan bagian bawah grup, seperti halnya Inter musim lalu, itu berarti mereka sekarang dapat memfokuskan semua sumber daya mereka untuk mengejar Scudetto.

"Klopp butuh beberapa tahun investasi sebelum dia menang bersama Liverpool, jadi ini sebuah proses. Kami hanya bisa berterima kasih kepada penggemar kami karena mendukung kami dan menggunakan ini untuk tumbuh bersama."

Editor: Eko Fajri