Tanpa Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri, Timnas Indonesia Bantai Myanmar 4-1

Selebrasi Timnas Indonesia
Selebrasi Timnas Indonesia (PSSI)

KLIKPOSITIF - Timnas Indonesia bantai Myanmar dengan skor telak 4-1 dalam laga uji coba yang dilaksanakan di Emirhan Sports Complex, Antalya, Turki, Kamis 25 November 2021.

Empat gol Indonesia diciptakan oleh Ricky Kambuaya pada menit ke-4, Irfan Jaya pada menit ke-11, Witan Sulaeman pada menit ke-33, serta Ezra Walian pada menit ke-54. Sementara gol semata wayang Myanmar dicetak pada menit ke-72.

baca juga: Banyak Merotasi Pemain Saat Timnas Indonesia Bantai Antalyaspor, Shin Tae-yong : Kami Harus Perbaiki Mental

Sebenarnya Timnas Indonesia memiliki peluang emas pada menit ke-3, setelah Witan Sulaeman berhasil melewati pemain belakang Myanmar dari sisi kiri. Namun sayang, umpan yang diberikan Witan tak mampu diselesaikan dengan baik oleh pemain Timnas Indonesia .

Indonesia baru mampu mencetak gol pada menit ke-4, setelah crossing Ezra Walian mampu dijangkau Ricky Kambuaya dengan sundulan dan berbuah gol. 1-0 untuk Indonesia.

baca juga: Meski Masih Ada Kekurangan Timnas Indonesia, Irfan Jaya : Saat Ini Tim Telah Berkembang Semakin Oke

Tertinggal di menit-menit awal pertandingan membuat Myanmar meningkatkan intensitas serangan. Beberapa kali serangan yang dilakukan Myanmar tampak menyulitkan pemain belakang Indonesia.

Timnas Indonesia yang tidak mau ditekan Myanmar meningkatkan tempo permainan. Hasilnya, melalui skema serangan balik, Irfan Jaya berhasil lolos dari jebakan offside. Sontekan mendatarnya yang tak mampu dijangkau kiper akhirnya masuk ke gawang Myanmar dan merubah skor menjadi 2-0 untuk kemenangan Indonesia.

baca juga: Tanpa Egy dan Elkan Baggott, Bagini Pesiapan Timnas Lawan Myanmar

Pada menit ke-33, Witan Sulaemen menambah keunggulan Indonesia, setelah mampu memanfaatkan umpan terobosan. Skorpun berubah menjadi 3-0 dan bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Indonesia terus menekan Myanmar. Beberapa kali Ezra Walian mendapat peluang emas, meski gagal membuahkan gol.

baca juga: Kaget Mengikuti Latihan Keras di Turki, Pemain Timnas U-18 : Belum Ngerasain Latihan Tiga Kali Sehari

Ezran Walian berhasil memupus rasa penasarannya akan mencetak gol, setelah pemain belakang Myanmar handsball di kotak terlarang. Ezra Walian yang mengeksekusi tendangan 12 pas itu berhasil melakukan tugasnya dengan sempurna dan mengubah skor menjadi 4-0.

Pada menit ke-72, Myanmar memperkecil kekalahannya, setelah tendangan bebas pemain Myanmar mampu disundul dan bersarang ke gawang Indonesia. Skorpun kemudian berubah menjadi 4-1. Meski permainan mulai memanas, namun tak ada gol setelah itu, dan skor 4-1 ini bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Dalam laga uji coba ini, dua pemain penting Timnas Indonesia , yakni Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri tidak ikut disertakan, karena kedua pemain itu harus membela klubnya masing-masing.

Laga uji coba ini sendiri dilakukan Timnas Indonesia sebagai persiapan skuad Garuda menuju AFF Suzuki 2020 di Singapura pada bulan Desember 2021.

Pada Piala AFF 2020 yang akan digelar pada Desember 2021 mendatang, Timnas Indonesia berada di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos.

Dalam jadwalnya, Timnas Indonesia awalnya akan bersua Kamboja pada 9 Desember 2021, setelah itu melawan Laos pada 12 Desember 2021, Vietnam pada 15 Desember 2021, serta melawan Malaysia pada 19 Desember 2021.

Editor: Haswandi