Buntut Diserang Netizen Indonesia, Elkan Baggott Berkirim Surat ke PSSI, Ini Isinya

Elkan Baggott
Elkan Baggott (PSSI)

KLIKPOSITIF - Buntut diserang netizen Indonesia, Elkan Baggott akhirnya menyampaikan surat permintaan maaf kepada PSSI terkait kondisi dirinya yang belum bisa bergabung bersama Timnas Indonesia .

Pemain keturunan Inggris ini mengirimkan surat pada Sabtu (23/10/2021). Dalam surat tersebut intinya karena pandemi COVID-19 yang masih meningkat di UEA, ia mendapat saran oleh pemerintah Inggris dan klub Ipswich Town sangat berisiko bila tetap berangkat ke Dubai waktu itu.

baca juga: Banyak Merotasi Pemain Saat Timnas Indonesia Bantai Antalyaspor, Shin Tae-yong : Kami Harus Perbaiki Mental

Saat itu, Elkan memang dipanggil pelatih Shin Tae-yong agar dapat bergabung pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) Juni lalu. Namun, kenyataannya ia tidak bisa bergabung bersama.

Pada surat tersebut, Elkan juga berjanji siap memberikan segalanya untuk timnas Indonesia. Apalagi saat ini kondisi covid-19 di Inggris dan Indonesia semakin membaik.

baca juga: Kongres PSSI Sumbar, Indra Dt. Rajo Lelo Terpilih Aklamasi

"Sebelumnya saya meminta maaf, semoga Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) mengerti alasannya saya. Saat ini saya siap memberikan segalanya untuk timnas Indonesia demi mencapai tempat (target) yang seharusnya," kata Elkan Baggott .

Terkait hal ini, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun mengakui sudah menerima surat ini dan alasannya sangat manusiawi.

baca juga: Meski Masih Ada Kekurangan Timnas Indonesia, Irfan Jaya : Saat Ini Tim Telah Berkembang Semakin Oke

"Kalau dari sudut pandang saya, membela tim nasional Indonesia itu adalah hak semua pemain. Kami sudah maafkan dirinya dan meminta dirinya untuk bergabung ke timnas Indonesia bila dibutuhkan oleh pelatih," kata Iriawan, yang dikutip dari laman PSSI .

Diberitakan sebelumnya, akun Instagram Klub Inggris Ipswich Town FC menjadi bulan-bulanan netizen Indonesia, yang mayoritas kecewa dengan sikap pemain Elkan Baggott yang disebut-sebut menolak panggilan Timnas Indonesia .

baca juga: Tanpa Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri, Timnas Indonesia Bantai Myanmar 4-1

Awalnya, netizen Indonesia menyerang akun pribadi Elkan Baggott di Instagram. Diduga karena terganggu akibat postingan tersebut, Elkan Baggott akhirnya memilih menutup kolom komentarnya di Instagram.

Bukannya berhenti, netizen Indonesia malah beralih menyerang Elkan Baggott di akun Instagram klub yang dibelanya, Ipswich Town FC.

Elkan Baggott sendiri menjalani debut bersama tim nasional Indonesia U-19 saat melawan Makedonia Utara pada laga uji coba di Stadion NK Junak Sinj, Split, Minggu (11/10/2020). Pada pertandingan tersebut pemain berdarah Inggris itu bermain penuh selama 90 menit.

Editor: Haswandi