Jika Diizinkan Ada Penonton, Harga Tiket Liga 1 Berkisar Rp250 Ribu Hingga Rp1,5 Juta, Kok Bisa Semahal Itu?

Ilustrasi
Ilustrasi (PSSI)

KLIKPOSITIF - PSSI dan PT LIB berencana untuk lanjutan kompetisi BRI Liga 1 akan ada penonton. Rencana ini merespons keinginan pemerintah yang menginginkan lanjutan kompetisi 2021-2022 ada penonton dengan persentase terbatas.

Namun, akan ada tahapan penyesuaian, analisa, dan survei lebih dahulu sebelum akhirnya kompetisi dibuka untuk penonton.

baca juga: Kerjasama PSSI - Polri, Asops: Satgas Mafia Bola Itu Masih Ada

Jika Liga 1 nantinya memang diizinkan untuk ada penontonnya, lalu berapa harga tiket liga 1 ? Harga ini tentu menyesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini. Diperkirakan tiket harga masuk berkisar Rp1,5 juta hingga Rp250 ribu.

"Kenapa karcis bisa sampai segitu? Karena akan banyak benefit yang didapat penonton,'' ujar Direktur LIB Ahmad Hadian Lukita, yang dikutip dari laman PSSI.

baca juga: Ini Nominal Gaji Wasit Liga 1 di Indonesia, Ketum PSSI: Jangan Berbuat Macam-macam

Lukita menjelaskan, benefit itu diantaranya penonton akan mendapatkan peralatan prokes kesehatan seperti masker,hand sanitizer,kemudian tes antigen,food and beverage,dan lain-lain.

Terkait hal ini, PSSI mengimbau tidak semua penonton harus datang ke stadion. Sebab, selain kapasitas terbatas, lanjutan BRI Liga 1 juga tetap disiarkan oleh televisi danstreamingsehingga bisa dinikmati oleh penikmat sepakbola di manapun berada.

baca juga: Ada Rencana Liga 1 Pakai Penonton, Ketum PSSI : Sepakbola Tanpa Penonton Itu Memang Hambar

Soal usulan ini, Menpora Zainudin Amali memahami kesulitan yang akan dihadapi PSSI ketika ada penonton. Itu sebabnya Menpora berharap harus ada sosialisasi lebih dulu kepada klub dan penonton agar bisa dipahami.

"Ini penting karena dalam situasinew normalini, menonton di stadion itu tidak seenak ketika keadaan normal. Saat ini harus adasocial distancing, memakai masker, harus swab antigen, dan lain-lain'' ujar Menpora.

baca juga: Dari 18 Klub Liga 1, Hanya 9 Klub Ini yang Lolos Lisensi Klub AFC 2021

Editor: Haswandi