Elite Pro Academy U-16 dan U-18 Resmi Digelar

Pembukaan Elite Pro Academy
Pembukaan Elite Pro Academy (PSSI.org)

KLIKPOSITIF - Setelah vakum hampir dua tahun karena pandemi covid-19, kompetisi MOLA Elite Pro Academy (EPA) U-16 dan U-18 kembali digelar oleh PSSI . Sebanyak 18 tim muda dari peserta BRI Liga 1 mengikuti kompetisi ini.

Kompetisi ini sekaligus menjadi ajang pencarian bakat bagi klub Liga 1 dan 2, termasuk bagi tim pelatih nasional untuk menjaring pemain guna masuk dalam pemusatan latihan timnas U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia 2023.

baca juga: Kongres PSSI Sumbar, Indra Dt. Rajo Lelo Terpilih Aklamasi

Hari ini sebanyak 18 tim akan memulai kompetisi dan dipusatkan di beberapa stadion di Bandung dan Kabupaten Bandung. Stadion itu adalah Jalak Harupat, Gelora Bandung Lautan Api, Sabilulungan, Arcamanik, Lodaya, dan Progresif.

"Saya berharap pada kompetisi kali ini bisa melahirkan pemain-pemain berbakat untuk menjadi generasi penerus bagi klub-klub Liga 1, Liga 2, bahkan timnas nasional. Kita tahu Piala Dunia 2023 di Indonesia masih dua tahun lagi. Masih ada waktu untuk mencari pemain berbakat. Siapa tahu Shin Tae-yong tertarik untuk memanggil kalian,'' kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat membuka laga perdana di Stadion Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung sore ini (18/10).

baca juga: Tanpa Egy dan Elkan Baggott, Bagini Pesiapan Timnas Lawan Myanmar

Seperti diketahui untuk EPA musim 2019, juara U-16 diraih PS Tira Persikabo dan Bhayangkara FC di posisi kedua. Untuk U-18 diraih Bhayangkara FC dan PSIS Semarang sebagai runner-up.

"Insya Allah kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 dan U-18 yang dimulai hari ini bisa berjalan lancar dan sukses. PSSI berharap kompetisi ini bisa melahirkan bibit-bibit pemain yang mumpuni. Kompetisi ini juga sesuai dengan visi program PSSI yang ingin terus meningkatkan kualitas kompetisi terutama usia dini," ujar Iriawan.

baca juga: Asprov PSSI Sumbar Bakal Gelar Konser, Pilih Ketua dan Anggota Exco

Selain Ketua Umum PSSI , Mochamad Iriawan, dalam pembukaan kompetisi MOLA Elite Pro Academy U-16 dan U-18 2021 yang berlangsung di ruang konferensi pers Stadion Si Jalak Harupat, hadir pula anggota Komite Eksekutif PSSI Haruna Soemitro dan A.S Sukawijaya, Wakil Sekretaris Jenderal PSSI Maaike Ira Puspita, Direktur Utama PT LIB Ahmad Hadian Lukita, Kadispora Dr. H. Marlan Nirsamsu, perwakilan dari Wasit Feri Permana, Pelatih tim PSM Makassar M. Irfan Rahman dan Pelatih Persik Kediri Budi Sudarsono.

Untuk kompetisi tahun ini, peserta yang akan ikut ialah Arema FC, Bali United, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persija Jakarta, Persik Kediri, Persiraja Banda Aceh, Persipura Jayapura, PSM Makassar, Persita Tangerang, Madura United FC, Persebaya Surabaya, PS Barito Putera, Persela Lamongan, Persib Bandung, PS Tira, PSIS Semarang, dan PSS Sleman.

baca juga: Timnas U-18 Hadapi Antalyaspor Sore Ini, Ronaldo Ingin Cetak Gol

Berikut ini pembagian grup untuk MOLA Elite Pro Academy 2021:

Grup A
1. Madura United FC
2. PSM Makassar
3. Persiraja Banda Aceh
4. Arema FC
5. Persik Kediri
6. Borneo FC

Grup B
1. Bali United FC
2. PSS Sleman
3. PS Tira
4. Persipura Jayapura
5. PS Barito Putera
6. Persija Jakarta

Grup C
1. Persela Lamongan
2. PSIS Semarang
3. Persita Tangerang
4. Bhayangkara FC
5. Persebaya Surabaya
6. Persib Bandung

Editor: Rezka Delpiera