Bungkam Taiwan 3-0, Timnas Indonesia Melenggang Menuju Babak Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia (PSSI)

KLIKPOSITIF - Timnas Indonesia akhirnya melenggang menuju babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah menyapu bersih dua kali pertandingan melawan Taiwan di Chang Arena, Buriram, Thailand.

Pada leg pertama hari Kamis 7 Oktober 2021, Indonesia menang tipis 2-1 atas Taiwan. Sementara pada leg kedua yang digelar pada Senin 11 Oktober 2021 malam, Timnas Indonesia kian mengganas dan membantai Taiwan dengan skor 3-0.

baca juga: Malam Nanti, Timnas U-23 Akan Melakoni Uji Coba Melawan Tajikistan

Pada leg kedua ini, gol pertama Indonesia dicetak oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke-26. Gol bermula saat Egy berencana memberi umpan kepada Dedik Setiawan. Namun tandukan Dedik Setiawan tidak mengenai bola. Meski demikian, pergerakan Dedik Setiawan membuat kiper Taiwan juga bereaksi dan terkecoh, sehingga bola tak mampu dijangkau dan masuk dalam gawang Taiwan.

Sebenarnya, Indonesia pada leg kedua ini memiliki banyak peluang di babak pertama. Setelah gol pertama yang dicetak Egy, Indonesia kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke 41. Namun tendangan keras Ricky Kambuaya masih bisa diantisipasi kiper Taiwan Shin Shin-An.

baca juga: Ronaldo Mengaku Kaget Dipanggil Shin Tae-yong Untuk Membantu Menghadapi Australia

Tak hanya itu, Dedik Setiawan yang sudah berhadapan dengan kiper lawan juga gagal menambah pundi-pundi gol, setelah tendangannya berhasil dihalau kiper Taiwan. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Taiwan mencoba untuk keluar dari tekanan Indonesia. Namun Indonesia terlalu agresif bagi Taiwan.

baca juga: Persiapkan Laga Hadapi Australia, Shin Tae-yong Beri Latihan Unik Bagi Timnas U-23

Alih-alih ingin menyamakan kedudukan, Taiwan harus kebobolan lagi. Indonesia berhasil menambah keunggulan pada menit ke-54, setelah pemain Taiwan gagal antisipasi bola tendangan Evan Dimas. Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Ricky Kambuaya. Tendangan keras dari kaki kirinya yang meluncur deras di pojok atas kiri tak dapat dijangkau pemain Taiwan dan merubah skor menjadi 2-0 untuk Indonesia.

Unggul 2 gol tak membuat Indonesia mengendorkan serangan. Malahan, serangan Indonesia terus membabi buta dan banyak mengancam gawang Taiwan.

baca juga: Timnas U-23 Agendakan 2 Uji Coba Internasional Sebelum Lawan Australia, Ini Calon Lawannya

Hasilnya, pada masa injury time, Indonesia menambah keunggulan lagi melalui umpan terobosan yang mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Witan Sulaeman. Skor berubah menjadi 3-0 dan bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Editor: Haswandi