Timnas Indonesia Menang Tipis 2-1 Atas Taiwan, Ada Wajah Baru Berumur 19 Tahun yang Mencetak Gol

Punggawa Timnas Indonesia
Punggawa Timnas Indonesia (PSSI)

KLIKPOSITIF - Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Taiwan dengan skor 2-1 pada leg pertama play off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Buriram, Thailand, Kamis 7 Oktober 2021.

Dua gol tersebut diciptakan oleh Ramai Rumakiek pada menit ke-17, serta Evan Dimas pada menit ke-50. Sementara Taiwan mampu memperkecil kekalahan pada menit ke-90 yang dicetak oleh Heng Pin Hsu.

baca juga: Banyak Merotasi Pemain Saat Timnas Indonesia Bantai Antalyaspor, Shin Tae-yong : Kami Harus Perbaiki Mental

Boleh dikatakan, Ramai Rumakiek merupakan wajah baru dan belum familiar bagi masyarakat Indonesia. Gelandang Persipura Papua masih muda dan baru berumur 19 tahun.

Dari menit-menit awal, Timnas Indonesia mulai menusuk pertahanan Taiwan. Namun beberapa peluang gagal membuahkan gol.

baca juga: Meski Masih Ada Kekurangan Timnas Indonesia, Irfan Jaya : Saat Ini Tim Telah Berkembang Semakin Oke

Indonesia baru mampu mencetak gol pada menit ke-17. Gol tercipta saat Ramai Rumakiek mendapat umpan silang dari Miftah Sani dan berhasil mengelabui pemain belakang Taiwan.

Sepakan Rumakiek yang meluncur di kolong kiper Taiwan berbuah gol. 1-0 untuk kemenangan Indonesia.

baca juga: Tanpa Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri, Timnas Indonesia Bantai Myanmar 4-1

Namun pada menit ke-27, pencetak gol pertama Indonesia ini mengalami cidera dan harus digantikan oleh Egy Maulana Vikri.

Meski beberapa percobaan terus dilakukan Indonesia untuk menambah pundi-pundi gol, namun tak ada gol tambahan hingga turun minum.

baca juga: Tanpa Egy dan Elkan Baggott, Bagini Pesiapan Timnas Lawan Myanmar

Saat mulai babak kedua, Indonesia terus menusuk pertahanan Taiwan. Hasilnya, Evan Dimas berhasil menambah gol pada menit ke-50, setelah memanfaatkan cut back dari Kushedya.

Meski unggul 2-0, namun Indonesia tidak menyurutkan serangan. Namun petaka terjadi saat injury time. Indonesia kebobolan oleh sepekan pemain Taiwan, Heng Pin Hsu pada menit ke-90. Skorpun berubah menjadi 2-1 dan skor ini bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang.

Editor: Haswandi