Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

Ratusan Pemain dari Sumbar Riau ikuti seleksi Tim Gasliko di Stadion Singa Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota
Ratusan Pemain dari Sumbar Riau ikuti seleksi Tim Gasliko di Stadion Singa Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota (Ade Suhendra)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Ratusan pemain muda dari berbagai daerah di Sumbar dan Riau ikuti seleksi terbuka pemain Gasliko, Lima Puluh Kota , Minggu 13 Juni 2021 kemarin. Seleksi ini digelar di Stadion Singa Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota .

Presiden Klub Gasliko Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) saat dihubungi Senin 14 Juni 2021 mengatakan seleksi yang digelar merupakan persiapan untuk membentuk tim Gasliko. Hal ini mengingat jadwal kompetisi Liga 3 yang masih belum dipastikan kapan bergulirnya.

baca juga: Pansus Aset DPRD Kota Payakumbuh Hearing Bersama Tokoh Masyarakat Luak Limopuluah

"Tapi secara gambaran umum, kabarnya akan dimulai pada Juli hingga Oktober mendatang. Sehingga mengingat waktu yang semakin dekat, otomatis persiapan harus sesegera mungkin dilakukan meskipun ini sudah cukup terlambat," kata Rizki.

Ia menjelaskan, bahwa seleksi yang diikuti sebanyak 135 pemain tersebut merupakan salah satu langkah merangkul pemain lokal berbakat. Namun ternyata tidak sedikit juga yang datang dari luar Kabupaten Lima Puluh Kota seperti Kota Payakumbuh , Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Padang.

baca juga: Wabup Pasbar Minta Perusahaan Pemenang Proyek Utamakan Mutu dan Kualitas

"Bahkan juga ada pemain dari daerah tetangga yaitu Pekanbaru, Riau. Kami tetap memberikan kesempatan kepada mereka yang datang, dengan catatan memenuhi kriteria pemain yang dibutuhkan, salah satunya kelahiran 1999-2001 dan 2002-2003," kata RKN yang juga merupakan Wakil Bupati Lima Puluh Kota .

Sementara itu, Sekretaris Umum Gasliko Taufik Hidayatullah Ihsan menambahkan dalam seleksi nantinya juga ada beberapa pemain senior yang dipilih langsung oleh tim pelatih. Hasil seleksi yang berlangsung kemarin terjaring sebanyak 23 pemain yang nantinya akan mengikuti seleksi selanjutnya dan akan bergabung latihan bersama tim senior.

baca juga: Gudang Dinas Pertanian Sumbar Terbakar

"Kemungkinan akan ada pemusatan latihan atau Training Center (TC) dengan melakukan sistem degradasi pemain sebelum nantinya akan ditetapkan untuk masuk dalam skuat Gasliko. Harapannya dengan adanya seleksi ini nantinya dapat melahirkan pemain muda berbakat dan berprestasi serta menjadikan Gasliko sebagai timnasnya Kabupaten Lima Puluh Kota milik bersama," katanya.

Saat melakukan tahapan seleksi kemarin, Taufik menjelaskan bahwa seleksi dibagi menjadi 5 gelombang untuk memecah kerumunan dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Materi seleksi yang dilakukan salah satunya dengan game internal dan tes individu pemain.

baca juga: Benarkah Kopi Berpotensi Tingkatkan Kemampuan Berolahraga? Ini Kata Pakar

"Seleksi ini dipimpin langsung oleh pelatih yang juga memiliki lisensi C AFC seperti Coach Hudra. Kemudian juga didampingi oleh Masperi Kasim, mantan pemain Semen Padang FC, Rozi Setiawan, H. Nofriwan, dan pelatih kiper Asep. Alhamdulillah seleksi ini diikuti oleh pemain dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota ," ujarnya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri