Jelang Laga Italia vs Turki, Ini Sejarah Pertemuan Kedua Negara

,
, (Net)

KLIKPOSITIF - Pertandingan Italia vs Turki di Stadion Olimpico, Sabtu (12/6/2021) akan menjadi laga pembuka turnamen yang selalu dilaksanakan empat tahunan ini. Italia meski tampil di hadapan publiknya sendiri bukan berarti akan menjalani pertandingan dengan mudah. Turki yang diisi pemain-pemain berkelas dan diasuh Senol Gunes bisa merepotkan para Gladiator Italia yang diarsiteki Roberto Mancini.

Jika tidak hati-hati, bukan tidak mungkin Turki malah membuat Italia malu di kandangnya.

baca juga: Jelang Hadapi Laga Awal Liga 2 2021, Semen Padang FC Santuni Panti Sosial Anak

Berikut data fakta Pertemuan Italia vs Turki :

Ini adalah pertemuan kedua tim di turnamen final Euro. Italia asuhan Dino Zoff menang 2-1 dalam pertandingan pembukaan mereka di UEFA Euro 2000 berkat gol dari Antonio Conte -- tendangan overhead yang spektakuler -- dan Filippo Inzaghi, penalti;

baca juga: Menpora Harap Liga 2 Jadi Ajang Pembinaan Timnas

Okan Buruk mencetak gol untuk tim Turki yang dilatih oleh Mustafa Denizli. Satu-satunya pertandingan Italia vs Turki di EURO dalam kualifikasi 1964, Italia menang 6-0 di kandang -- Alberto Orlando mencetak empat kali dan Gianni Rivera dua kali -- dan tandang 1-0.

Dua pertandingan terakhir kedua tim adalah hasil imbang 1-1 di tanah Italia , di Pescara pada November 2002 dan Bergamo empat tahun kemudian, ketika gol pembuka Antonio Di Natale pada menit ke-39 dibuat seri oleh gol bunuh diri Marco Materazzi tiga menit kemudian.

baca juga: Jelang Derby Della Capitale Lazio VS AS Roma: Lazio Tidak Terkalahkan dalam Empat Derby Terakhir

Pelatih Turki enol Gnes adalah penjaga gawang tim Turki yang dikalahkan 1-0 oleh Italia dalam pertandingan persahabatan di Florence pada 23 September 1978; Pelatih Italia Roberto Mancini tidak pernah melawan Turki sepanjang 36 karirnya membela Gli Azzurri.

Editor: Eko Fajri