Chelsea Juara Liga Champion Musim Ini

Chelsea
Chelsea (net)

KLIKPOSITIF - Chelsea berhasil menjadi juara Liga Champions 2020/21 setelah berhasil mengalahkan Manchester City dengan skor 1-0.Gol tunggal pada pertandingan yang digelar di Stadion Dragao, Porto, Portugal, Minggu (30/5/2021) dini hari itu dicetak Kai Havertz.

Gol itu dicetak Havertz tiga menit jelang turun minum dan mampu dipertahankan hingga bubaran demi menambah koleksi trofi Liga Champions di kabinet mereka menjadi dua buah. Dilansir dari laman resmi UEFA trofi itu jadi raihan pertama bagi Thomas Tuchel yang lima bulan lebih menangani Chelsea .

City lebih dulu mengancam lewat umpan jauh kiper Ederson Moraes, tetapi ruang tembak Raheem Sterling bisa ditutup oleh penjaga gawang Chelsea Edouard Mendy.

baca juga: MU Kalah Memalukan, Antonio Conte Trending Twitter di Inggris

Sebaliknya Chelsea balas mengancam melalui aksi gemilang Mason Mount menyisir sisi kiri, sayang umpan tariknya gagal diselesaikan oleh Timo Werner pada menit ke-10 dan empat menit kemudian Werner kembali membuang peluang dengan tembakan yang tepat mengarah ke Ederson.

Pada menit ke-27, City melancarkan serangan cepat yang nyaris berbuah gol jika saja Antonio Ruediger tidak sigap menjegal bola yang berusaha diselesaikan Foden di muka gawang Chelsea . Lantas tiga menit berselang, serangan City kembali tak berbuah ketika umpan tarik Kyle Walker gagal ditemui Riyad Mahrez. Chelsea harus kehilangan Thiago Silva sejak menit ke-39 yang harus meninggalkan lapangan lebih awal karena cedera, tetapi Tuchel mempertahankan formasi tiga bek tengah dengan memasukkan Andreas Christensen.

Kebuntuan pecah tiga menit kemudian, ketika Havertz berdiri relatif jauh dari kawalan Olexandr Zinchenko sehingga dikirimi umpan terobosan oleh Mount. Bola dikejar Havertz, dibawa melewati hadangan Ederson yang keluar sarangnya sebelum dilesakkan ke gawang yang sudah tak bertuan demi membuka keunggulan Chelsea 1-0.Taktik City tak kunjung mujarab dan mereka harus mendapat kerugian lain ketika De Bruyne harus meninggalkan lapangan pada menit ke-59 digantikan Gabriel Jesus, karena cedera setelah berbenturan dengan Ruediger di dekat garis tengah. Hanya semenit kemudian para pemain City melancarkan protes keras kepada wasit Antonio Mateu Lahoz atas dugaan pelanggaran handball Reece James di dalam kotak penalti Chelsea . Tetapi Lahoz dan VAR meyakini bola tembakan Sterling lebih dulu mengenai dada James sebelum menyentuh lengannya.

baca juga: Chelsea Bisa Saja Duetkan Lukaku dengan Haaland, Vlahovic Muncul Sebagai Pengganti di Dortmund

City terus berusaha menekan dan pada menit ke-68 Mahrez mengirimkan umpan tarik yang tinggal diselesaikan oleh Foden, tetapi Cesar Azpilicueta mampu memotongnya di muka gawang. Lima menit kemudian Chelsea melancarkan serangan balik berbahaya yang diakhiri umpan terobosan Havertz, sayang sontekan penyelesaian Christian Pulisic masih melenceng di sisi gawang.Keadaan yang tak kunjung berubah memaksa Guardiola memasukkan Sergio Aguero menggantikan Sterling pada menit ke-77, tetapi ketajaman

Ofisial pertandingan memberi injury time selama tujuh menit karena pertandingan sempat lama terhenti ketika De Bruyne mengalami cedera. Sayangnya, tak ada gol dramatis bagi City dan Chelsea mampu menjaga keunggulan 1-0 hingga bubaran untuk menggenggam trofi Liga Champions di tangan mereka.

baca juga: Kena Denda Rp30 Juta, Ini Tanggapan Manajemen Semen Padang FC

Editor: Ramadhani