Shin Tae-yong Tidak Bisa Berikan Garansi Kemenangan di Sisa Kualifikasi Piala Dunia, Ini Alasannya

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Pelatih Shin Tae-yong tidak bisa memberikan garansi kemenangan saat Timnas Indonesia melakoni tiga pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Sebab, performa anak asuhannya belum oke.

Hal itu disampaikan Shin Tae-yong usai memimpin skuad Garuda menjalani internal game di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (11/5/2021) malam WIB.

baca juga: Proses Naturalisasi Selesai, Ezra Walian Dapat Kembali Membela Timnas

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, bulan Ramadan turut menyulitkan pihaknya untuk mengeluarkan kemampuan terbaik para penggawa Timnas Indonesia.

Mayoritas pemain skuad Garuda menjalani ibadah puasa di siang hari, sehingga nutrisi dan gizi yang dibutuhkan untuk penguatan fisik tak terserap dengan maksimal.

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

"Memang jujur tidak bisa pastikan menang di sisa tiga laga, tapi jujur saat ini karena puasa sangat kurang gizinya. Jadi meningkatkan fisik dan mental juga susah sekali," kata Shin Tae-yong di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (11/5/2021) malam.

Meski sulit, eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu tak patah arang. Dia menekankan target juara harus tetap dipatok demi kebaikan sepakbola Indonesia itu sendiri.

baca juga: POPDA Ajang PASI Menyaring Atlet Sumbar

"Memang sebaiknya kita menang (di Kualifikasi Piala Dunia) jadi lebih bisa menunjukkan harapan sepakbola Indonesia ada dan cerah, ini yang mau saya tunjukkan," jelasnya.

Sebanyak 37 pemain saat ini tengah menjalani pemusatan latihan (TC) TImnas Indonesia di Jakarta sejak 1 Mei 2021 lalu. Rencananya, skuad Garuda akan bertolak ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada 17 Mei mendatang.

baca juga: Penyerang Veteran Ini Catak Gol Bersejarah Untuk Makedonia Utara di Turnamen Besar

Namun, tak semua pemain akan diikutsertakan, staf pelatih hanya akan membawa 23 dari 37 pemain dalam TC di Jakarta. Sementara lima pemain yang berkiprah di luar negeri akan menyusul langsung ke Dubai.

Dalam tiga laga sisa Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Timnas Indoneia akan menghadapi Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab (UEA). Seluruh laga bakal bergulir di UEA pada Juni mendatang.

Editor: Eko Fajri