ll English Final di 2 Kompetisi Eropa Gagal Terwujud, Arsenal Banjir Kritik

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Kekalahan Arsenal dari Villarreal memastikan All English Final di dua kompetisi besar Eropa, Liga Champions dan Liga Europa gagal terwujud musim ini.

Sebelum The Gunners keok dari Kapal Selam Kuning julukan Villarreal dengan agregat 1-2, tiga tim Inggris sudah lebih dulu mengamankan tiket final.

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

Chelsea dan Manchester City melaju ke final Liga Champions dan akan saling memperebutkan trofi Si Kuping Besar di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki, pada 29 Mei mendatang.

Sementara dari Liga Europa, Manchester United berhasil melaju ke partai puncak setelah menggebuk wakil Italia, AS Roma dengan agregat 8-2. MU menang 6-2 di Old Trafford dan kalah 2-3 di Olimpico, Jumat (7/5/2021).

baca juga: Jelang Laga Italia vs Turki, Ini Sejarah Pertemuan Kedua Negara

Namun sayangnya, Arsenal yang diharapkan bisa mengisi satu slot di babak final Liga Europa, gagal memenuhi ekspektasi publik. Setelah kalah 1-2 di leg pertama, pasukan Mikel Arteta hanya bermain imbang 0-0 di Emirates Stadium.

Hasil itu membuat Arsenal tersingkir dan Villarreal lah yang akan menjadi lawan Manchester United di partai final yang akan bergulir di Stadion Energa Gdansk, Polandia, 27 Mei mendatang.

baca juga: Pendiri Spotify Menaikkan Tawaran untuk Beli Arsenal

Penampilan mengecewakan itu tak ayal membuat banyak orang, mulai dari YouTuber hingga penulis sepakbola geream dengan Arsenal . Mereka ramai-ramai menumpahkan kekecewaaanya lewat media sosial Twitter.

Salah satu YouTuber kenamaan asal Inggris, KSI secara terang-terangan mencaci maki Arsenal selepas imbang 0-0 dengan Villarreal. Dia menyebut penampilan Nicolas Pepe dan kawan-kawan sangat buruk.

baca juga: Jendela Transfer Dibuka, ini 20 Pemain Bintang yang Berpotensi Pindah Musim Panas Ini

"Wow ... Arsenal bagaimana kita jatuh begitu jauh dari kasih karunia? Tidak ada Liga Champions, dan mungkin tidak ada tiket ke Eropa sekarang. Kami sekarang adalah tim papan tengah. Sialan," tulis KSI.

Sementara penyiar televisi Inggris, Piers Morgan turut menyampaikan kekesalannya terhadap Arsenal via akun Twitter miliknya @piersmorgan. Dia heran Mikel Arteta tak kunjung dipecat.

"Mengapa Mikel Arteta masih pantas jadi manajer? Musim ini benar-benar bencana, kami memainkan sepak bola yang mengerikan, dan kami baru saja diusir dari Liga Europa oleh pelatih yang dia [Arteta] gantikan. Memalukan," tulis Piers Morgan.

Hal senada diungkapkan Amy Lawrence, penulis artikel-artikel Arsenal di The Athletic. Dia merasa tersiksa dengan penampilan Arsenal saat diimbang Villarreal 0-0.

"Tempo Arsenal seperti membenturkan kepala ke dinding dalam gerakan lambat," tulisnya.

Mikel Arteta selaku manajer Arsenal juga meraa kecewa dengan hasil yang diraih anak latihnya. Dia menyayangkan The Gunners buang-buang peluang hingga tak mampu mengalahkan Villarreal.

"Kami menciptakan cukup banyak peluang untuk memenangi babak ini, jauh lebih banyak dari yang diciptakan Villarreal, tetapi kami tak mampu memanfaatkannya," kata Arteta dilansir dari laman resmi UEFA.

"Cara kami mengawali leg pertama tidak cukup bagus, kami kebobolan dari situasi bola mati dan malam ini kami tiba tidak dalam kondisi terbaik," ujarnya menambahkan.

Editor: Eko Fajri