Asnawi Mangkualam Resmi Ukir Sejarah di K-League

Debut Asnawi Mangkualam bersama Ansan Greeners.
Debut Asnawi Mangkualam bersama Ansan Greeners. ((Twitter/@KLeagueUnited))

KLIKPOSITIF - Pemain Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam, resmi mengukir namanya di buku sejarah K-League atau Liga Korea Selatan. Asnawi kini menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain K-League.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh akun Twitter resmi Liga Korea @KLeague. Dalam cuitannya, K-League menyebutkan Asnawi resmi jadi pemain Indonesia pertama yang bermain di Liga Korea Selatan.

baca juga: Dampak Stimulus Pemeintah, Jokowi Klaim Industri Otomotif Bangkit

"Sekarang sudah resmi. Dengan bermainnya hari ini, Asnawi Mangkualam menjadi pemain Indonesia pertama di sejarah #KLeague," cuit akun resmi K-League.

Sementara itu, Asnawi Mangkualam melakukan debut di K-League 2 saat Ansan Greeners menghadapi Busan IPark pada Sabtu (3/4/2021). Dalam laga itu, Ansan Greeners meraih hasil imbang.

baca juga: Mendikbud Pasang Target 75 Ribu Guru Ikut Pembatik Tahun Ini

Menariknya dalam pertandingan tersebut Asnawi Mangkualam diplot sebagai winger kanan dalam pola formasi 3-4-3. Asnawi berada di lini depan bersama dengan Geoju Choi dan Kim Ryun-do.

Ansan Greeners sendiri di laga ini berhasil membuka skor lebih dulu. Rekan setim Asnawi , Geonju Chou mampu mencetak gol pada menit ke-41. Akan tetapi, Busan membalas gol tersebut pada menit ke-65 dan skor 1-1 bertahan hingga laga berakhir.

baca juga: Menhub Sebut Seluruh Awak Pesawat Sudah Divaksin

Bermain sebagai winger kanan, Asnawi terbilang minim mendapatkan atau mengkreasikan peluang. Sebab, eks PSM Makassar itu tak terlalu sering mendapatkan bola.

Kendati demikian, Asnawi nyaris mencatatkan assist saat memberikan umpan kepada Ryun-do. Sayangnya, tendangan Ryun-do masih belum tepat sasaran.

baca juga: Kontingen Indonesia Masih Bisa Tambah Wakil untuk Olimpiade Tokyo

Asnawi sendiri tidak bermain penuh dalam laga debutnya di K-League 2 ini. Pemain dengan nomor punggung 41 ini bermain sekitar 60 menit dan digantikan oleh Im Jaehyuk.

Editor: Eko Fajri