Pele Akhirnya Akui Cristiano Ronaldo Lampaui Rekornya, Menyesal Hal Ini

Legenda sepakbola Brasil, Pele (kiri) dan Cristiano Ronaldo berjabat tangan dalam acara Penghargaan pesepakbola dunia FIFA tahun 2008 pada 12 Januari 2009 di Zurich.
Legenda sepakbola Brasil, Pele (kiri) dan Cristiano Ronaldo berjabat tangan dalam acara Penghargaan pesepakbola dunia FIFA tahun 2008 pada 12 Januari 2009 di Zurich. (AFP)

KLIKPOSITIF - Legenda sepakbola Brasil, Pele , akhirnya mengakui Cristiano Ronaldo telah melampaui rekor golnya dalam pertandingan resmi. Namun dalam kesempatan itu, dia turut mengungkapkan satu penyesalan.

Pele yang memiliki nama asli Edson Arantes do Nascimento sebelumnya menolak klaim bahwa Ronaldo telah melampaui rekor golnya saat mencetak dua gol dalam kemenangan 4-1 Juventus atas Udinese pada 4 Januari lalu.

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

Tambahan dua gol itu membuat Cristiano Ronaldo mengoleksi 758 gol sepanjang kariernya di level klub dan Timnas Portugal. Jumlah itu membuatnya berada di peringkat kedua sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah.

Ronaldo mengalahkan Pele yang kala itu disebut memiliki gol di pertandingan resmi berjumlah 757, dan hanya kalah dari pemain legendaris Austria dan Republik Ceko Josef Bican (759).

baca juga: POPDA Ajang PASI Menyaring Atlet Sumbar

Namun saat itu Pele menolak klaim tersebut. Dia memperbarui data di Instagram-nya dengan menuliskan bahwa dia masih menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah dengan torehan 1.283 gol termasuk gol di laga persahabatan, tur-tur dan seremonial.

Ronaldo sendiri saat itu bungkam dengan perdebatan yang terjadi. Sang mega bintang baru angkat bicara saat mencetak hattrick dalam kemenangan 3-1 Juventus atas Cagliari pada Minggu (14/3/2021).

baca juga: Penyerang Veteran Ini Catak Gol Bersejarah Untuk Makedonia Utara di Turnamen Besar

Torehan hattrick membuat Ronaldo kini mengoleksi 770 gol sepanjang kariernya dan dimomen itulah penyerang 36 tahun menasbihkan dirinya sendiri sebagai pesepakbola yang telah melampaui rekor gol resmi Pele .

Kondisi itu sepertinya membuat Pele sadar tak ada gunanya menyangkal apa yang terjadi. Dia pun memberikan selamat kepada Cristiano Ronaldo lewat Instagram.

baca juga: Puncak Langkisau Suguhkan View Indah Bagi Atlet Paralayang Pesona Langkisau 2021

"Cristiano, hidup itu seperti penerbangan solo. Masing-masing melakukan perjalanannya sendiri. Dan betapa indahnya perjalanan yang Anda alami! " tulis Pele di Instagram.

"Saya sangat mengagumi Anda, saya suka melihat Anda bermain dan ini bukan rahasia bagi siapa pun. Selamat atas pemecahan rekor gol saya di pertandingan resmi."

Kendati memberikan selamat, Pele turut mengungkapkan penyesalan dalam momen tersebut. Pandemi Covid-19 membuat dirinya tak bisa memberikan selamat secara langsung kepada Ronaldo .

Sebagai gantinya, Pele memilih menunggah foto yang memuat dirinya dan Cristiano Ronaldo tengah berjabat tangan dalam sebuah acara penghargaan.

"Saya menggunakan foto ini untuk menghormati Anda, dengan penuh kasih sayang, sebagai simbol persahabatan yang telah terjalin selama bertahun-tahun," tutur Pele .

Editor: Eko Fajri