Fisik Pemain Melempem, Ini Solusi Shin Tae-yong

Pelatih Shin Tae-yong
Pelatih Shin Tae-yong (Net)

KLIKPOSITIF - Pelatih Shin Tae-yong mengungkap pentingnya pertandingan uji coba untuk Timnas Indonesia U-23. Ini untuk menguji kekuatan fisik pemain yang dianggapnya melempem.

Hal ini dikarenakan tidak adanya kompetisi sepakbola profesional di Tanah Air. Oleh sebab itu, fisik jadi perhatian khusus selama training camp (TC) Timnas Indonesia U-23 berlangsung.

baca juga: Dampak Stimulus Pemeintah, Jokowi Klaim Industri Otomotif Bangkit

Lewat pertandingan uji coba kekuatan fisik pemain akan diketahui. Dijadwalkan skuat Merah Putih akan melakoni dua pertandingan uji coba melawan tim Liga 1.

Evan Dimas dan kawan-kawan dijadwalkan lebih dahulu menghadapi Bhayangkara Solo FC pada 3 Maret 2022. Dua hari setelahnya, Garuda Muda julukan Timnas U-23 akan berhadapan dengan Bali United.

baca juga: Mendikbud Pasang Target 75 Ribu Guru Ikut Pembatik Tahun Ini

"Fisik pemain menjadi titik perhatian. Kompetisi yang tidak jalan membuat fisik mereka (pemain) melempem," kata Shin Tae-yong dalam rilis yang diterima Suara.com, Kamis (25/2/2021).

"Setelah fisik kembali tentu laga uji coba menjadi penting," tambah pelatih asal Korea Selatan itu.

baca juga: Menhub Sebut Seluruh Awak Pesawat Sudah Divaksin

Pertandingan melawan Bhayangkara Solo FC dan Bali United dijadwalkan berlangsung di Jakarta. Namun, masih belum diketahui kapan waktu pastinya.

"Dua laga uji coba itu akan dipertandingkan di Jakarta," ujar Direktur Teknik PSSI , Indra Sjafri.

baca juga: Kontingen Indonesia Masih Bisa Tambah Wakil untuk Olimpiade Tokyo

Setelah menjalani dua kali uji coba, pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing. Ini untuk persiapan mengikuti turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang akan digelar mulai 20 Maret hingga 25 April.

Adapun Timnas Indonesia U-23 sedang dipersiapkan untuk menghadapi SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam. Tim ini ditargetkan membawa pulang medali emas dari kejuaraan tersebut.

Sementara itu, pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 di Jakarta ini dijadwalkan berakhir pada 5 Maret mendatang.

Editor: Eko Fajri