Kiper Cadangan MU Jadi Wasit Keempat saat Hadapi Newcastle, Kok Bisa?

Kiper ketiga Manchester United, Lee Grant.
Kiper ketiga Manchester United, Lee Grant. ([Paul ELLIS / AFP].)

KLIKPOSITIF - Kejadian tak biasa yang bikin banyak fans kaget terjadi di laga Manchester United vs Newcastle. Kiper cadangan MU, Lee Grant kedapatan jadi wasit keempat dalam laga yang berlangsung di Old Trafford, Senin (22/2/2021) dini hari WIB itu.

Lee Grant menjadi sorotan dalam pertandingan yang dimenangkan Manchester United dengan skor 3-1 itu. Bukan karena aksinya di lapangan, melainkan 'tugas barunya' sebagai pemegang papan ganti pemain.

baca juga: SKB Tiga Menteri, Ini Tanggapan Bupati Pasaman Barat

Ya, kiper yang sudah malang melintang di Liga Inggris sejak dua dekade itu terlihat jadi pemegang papan pengganti pemain saat wonderkid MU, Shola Shoretire melakoni debut pada menit ke-89.

Shola Shoretire masuk ke lapangan untuk menggantikan Marcus Rashford, penyerang Setan Merah yang jadi pencetak gol pertama Manchester United di laga tersebut.

baca juga: Sedih Jokowi Dipolisikan, Mantan Ketua MK: Harusnya Diproses di DPR, Bukan Polri

Alasan Lee Grant jadi wasit keempat dadakan adalah karena adanya pembatasan orang yang hadir di stadion akibat pandemi virus Corona, sebagaimana dikutip dari SportBible.

Hal itu membuat staf pelatih dari klub harus memegang papan pengganti pemain itu sendiri demi membatasi jumlah orang yang berinteraksi atau menyentuh pemain di pinggir lapangan.

baca juga: Tidak Hanya Tuak, Ini Sederet Miras Lokal yang Legendaris di Indonesia

Sebelumnya ada assisten pelatih Everton, Duncan Ferguson yang kedapatan jadi wasit keempat dadakan saat The Toffees membungkam Liverpool dengan skor 2-0 di Anfield, Minggu (20/2/2021).

Kembali ke Lee Grant, aksi terpujinya di pinggir lapangan itu menuai beragam komentar dari warganet. Beberapa dari mereka memuji kiper 38 tahun itu, tetapi banyak juga yang menjadikannya sebagai lelucon.

baca juga: Ashanty Ungkap Alasan Nekat Kerja Saat Pandemi Hingga Terpapar Corona

"Lee Grant jadi pemegang papan pengganti pemain, ada apa ini," tulis akun @ManUtd_HQ di Twitter.

"Lee Grant membawa status pemain serba bisa ke level baru. Jadi kiper pilihan ketiga, jadi ofisial keempat, jadi pelatih dan juga peri. Anda harus menghormatinya," tulis akun @jackkenmare_.

Editor: Eko Fajri