Bisakah Pemain Asing yang Belum Dikontrak Klub Tampil di Piala Menpora 2021?

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno membeberkan bahwa komposisi pemain di Piala Menpora 2021 tak jauh berbeda dari Liga 1. Itu artinya di Piala Menpora 2021 tim boleh memakai pemain asing.

Piala Menpora 2021 akan berlangsung pada 20 Maret sampai dengan 25 April mendatang. Sebanyak 18 tim Liga 1 akan ikut meramaikan turnamen pramusim ini.

baca juga: SKB Tiga Menteri, Ini Tanggapan Bupati Pasaman Barat

"Boleh tetap empat pemain, sama seperti liga. Boleh U-20 juga, yang penting pemain asing ada KITAS," kata Sudjarno saat dihubungi oleh awak media, Sabtu (20/2/2021).

Yang membedakan dari liga 1 adalah tim boleh menurunkan pemain yang belum dikontrak. Kebijakan ini tak hanya berlaku untuk pemain asing, melainkan lokalnya juga.

baca juga: Sedih Jokowi Dipolisikan, Mantan Ketua MK: Harusnya Diproses di DPR, Bukan Polri

Hal ini dikarenakan Piala Menpora 2021 hanya sebagai pemanasan menatap kompetisi sesungguhnya. Dengan begitu, klub bisa menjajal kemampuan pemain dari turnamen tersebut.

"Tak perlu kontrak dahulu, termasuk lokal. Karena ini kan turnamen kan seleksi untuk kompetisi ," ia menjelaskan.

baca juga: Tidak Hanya Tuak, Ini Sederet Miras Lokal yang Legendaris di Indonesia

Namun, pemain harus tetap menerima hak dan kewajiban selama bermain di klub yang bersangkutan. Selain itu, satu pemain tak bisa membela dua klub berbeda selama Piala menpora berlangsung.

"Kalau pemain asing yang sudah kontrak silakan. Yang baru dan yang belum kontrak, ada semacam surat perjanjian, jadi jelas hak dan kewajibannya jelas," tambahnya.

baca juga: Ashanty Ungkap Alasan Nekat Kerja Saat Pandemi Hingga Terpapar Corona

"Kan kalau bagus, terserah klub. Tapi dia tidak boleh double claim. Misal dia sudah kalah timnya, lalu diambil ke tim yg masuk final, nggak boleh. Hanya boleh satu tim saja," tambah mantan Kapolda Lampung tersebut.

Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 ini akan bahan evaluasi pihak Kepolisian Negera Republik Indonesia (Polri) untuk memberikan atau tidak memberikan izin kompetisi Liga 1 2021.

Editor: Eko Fajri