Indra Sjafri Jelaskan Alasan Banyak Pemain Senior Ikut TC Timnas U-23

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri (Net)

KLIKPOSITIF - Timnas Indonesia U-23 saat ini sedang melakukan training camp (TC) di Jakarta. TC sudah dimulai sejak 8 hingga 28 Februari 2021.

TC ini dipersiapkan oleh PSSI sebagai bekal untuk menghadapi SEA Games 2021 yang akan digelar di Hanoi, Vietnam, pada November mendatang.

baca juga: Dampak Stimulus Pemeintah, Jokowi Klaim Industri Otomotif Bangkit

Sebanyak 36 pemain dipanggil oleh Pelatih Shin Tae-yong untuk TC ini. Namun, dari pemain-pemain yang mengikuti pemusatan latihan sebagian besar sudah berusia di atas 23 tahun, yang notabene masuk kategori senior.

Tercatat ada 14 pemain yang usianya di atas 23 tahun. Adapun sisanya merupakan pemain di bawah U-23, bahkan ada beberapa penggawa Timnas U-19 yang ikut serta.

baca juga: Mendikbud Pasang Target 75 Ribu Guru Ikut Pembatik Tahun Ini

Direktur Teknik PSSI , Indra Sjafri menjelaskan pemanggilan pemain senior ke Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021.

PSSI memang sengaja karena pihaknya belum menerima regulasi untuk cabor sepakbola pada kejuaraan tersebut, termasuk mengenai pembatasan usia.

baca juga: Menhub Sebut Seluruh Awak Pesawat Sudah Divaksin

"Kami belum memegang handbook SEA Games 2021 tentang regulasi pertandingan termasuk umur peserta. Ini bukan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23, tapi pemusatan latihan timnas untuk SEA Games 2021," kata Indra Sjafri saat dihubungi oleh awak media.

"Kami sedang menunggu kapan handbook SEA Games 2021 keluar. Saat ini, pemain yang dipanggil juga dari Timnas Indonesia U-19 dan beberapa pemain dari SEA Games 2019," tambahnya.

baca juga: Kontingen Indonesia Masih Bisa Tambah Wakil untuk Olimpiade Tokyo

Persiapan yang dilakukan armada Shin Tae-yong harus maksimal. Pasalnya, pemerintah lewat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan target medali emas di kejuaraan tersebut.

Editor: Eko Fajri