PSSI Sebut Mungkin Ada Turnamen Pramusim, Tapi...

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Ketua Umum PSSI , Mochamad Iriawan, mendengar masukan-masukan dari peserta kompetisi yang ingin diadakannya turnamen pramusim sebelum Liga 1 dan 2 2021 digelar. Ia menyebut hal itu bisa saja dilakukan, tapi yang terpenting izin dari kepolisian sudah keluar.

Sebelumnya, klub-klub, pelatih hingga pemain banyak yang menginginkan agar ada turnamen sebagai pemanasan jelang kompetisi. Hal ini dikarenakan hampir satu tahun mereka tidak merasakan pertandingan sepakbola .

baca juga: Kontingen Indonesia Masih Bisa Tambah Wakil untuk Olimpiade Tokyo

Turnamen dirasa cocok untuk mengembalikan sentuhan bertanding. Namun, masalahnya saat ini kepolisian masih belum memberikan izin kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggelar kompetisi.

"Mungkin ada pramusim, karena kemauan dari klub-klub ingin ada pramusim," kata lelaki yang akrab disapa Iwan Bule itu usai melakukan pertemuan dengan Menpora Zainudin Amali, Selasa (2/2/2021).

baca juga: Akselerasi Aprilia Makin Bagus, Aleix Espargaro Yakin Bertarung di Level Atas

Oleh sebab itu, Iwan Bule meminta doa serta dukungan dari segala pihak supaya izin bisa secepatnya keluar. Surat terkait permohonan izin juga akan dilayangkan PSSI kepada pihak kepolisian secepatnya.

Bahkan, PSSI dan PT LIB punya rencana melakukan pertemuan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit yang belum lama ini dilantik. Pucuk pimpinan anyar Polri ini jadi harapan baru bagi PSSI dan PT LIB supaya dapat izin.

baca juga: Hanya Mampu Imbang, Liverpool Tersingkir- Madrid Lawan Chelsea

Selain itu, PT LIB selaku operator sedang merancang simulasi pertandingan Liga 1 dan 2 lengkap dengan protokol kesehatan COVID-19. Simulasi yang dijadwalkan digelar paling cepat Februari 2021, dilakukan untuk lebih meyakinkan kepolisian.

"Mohon doanya, mudah-mudahan segera pihak kepolisian bisa mengeluarkan izin. Dan apabila sudah mengantongi izin kami akan persiapan dan klub-klub juga bisa menyongsong kompetisi itu berjalan," tambah mantan Kapolda Metro Jaya tersebut.

baca juga: Menang Lagi dari Dortmund, City ke Semi Final Liga Champions

Liga 1 dan 2 sudah terhenti sejak Maret lalu karena pandemi COVID-19. Sempat ada rencana melanjutkan musim 2020 pada Oktober lalu, tapi gagal karena izin dari kepolisian tidak keluar.

Kepolisian mempertimbangkan masih tingginya penyebaran virus corona di Indonesia sehingga tak mau mengeluarkan izin. Padahal, protokol kesehatan yang ketat dipersiapkan untuk antisipasi penularan COVID-19.

Editor: Eko Fajri