Piala AFC U-16 dan AFC U-19 Dibatalkan, Ini Kata Shin Tae-yong dan Bima Sakti

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (PSSI)

KLIKPOSITIF - Komite Konfederasi Sepak Bola Asia (Asian Football Confederation - AFC) secara resmi membatalkan kompetisi AFC U-16 dan AFC U-19 yang direncanakan diselenggarakan tahun ini. Menurut rencana, Piala AFC U-19 2020 akan dihelat bulan Maret 2021 di Uzbekistan dan Piala AFC U-16 2020 digelar di Bahrain pada April 2021 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Pelatih Shin Tae-yong mengatakan bahwa ia menerima keputusan tersebut. Apalagi dikatakannya saat ini pandemi COVID-19 masih tinggi di hampir seluruh negara.

baca juga: Persiapkan Laga Hadapi Australia, Shin Tae-yong Beri Latihan Unik Bagi Timnas U-23

"Kami (tim) telah melakukan persiapan selama satu tahun dengan dukungan luar biasa dari PSSI. Tapi sangat disayangkan Piala Dunia U-20 dan Piala AFC U-19 harus batal, apalagi para pemain sudah menunjukkan perkembangan yang baik dan hasil yang maksimal," kata Shin Tae-yong.

Melihat kondisi tersebut, ia berpesan kepada pemain untuk tetap semangat dan bekerja keras. Seluruh pemain diharapkan terus memberikan hasil yang maksimal saat latihan maupun bertanding.

baca juga: Timnas U-23 Agendakan 2 Uji Coba Internasional Sebelum Lawan Australia, Ini Calon Lawannya

"Karena karier mereka masih panjang dan banyak turnamen atau kompetisi yang akan diikuti," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Berdasarkan surat resmi yang diterima PSSI pada 15 Januari 2021 lalu, Komite AFC membatalkan kompetisi akibat pandemi Covid-19. Kemudian memutuskan jadwal penyelenggaraan kompetisi baru, baik kompetisi secara keseluruhan termasuk sepak bola wanita, futsal dan sepak bola pantai.

baca juga: Brunei dan China Mundur dari Piala AFC U-23, Shin Tae-yong : Situasi yang Tidak Ideal Untuk Kami

Sementara itu, pelatih timnas U-16 Bima Sakti juga angkat bicara terkait pembatalan dua iven tersebut. Ia mengatakan bahwa akan mengambil hikmah atas pembatalan ajang Piala Dunia U-17 dan AFC U-16.

"Apa yang telah dilakukan pemain selama ini tidak sia-sia dan ini sudah menjadi keputusan FIFA dan AFC. Sejak setahun lebih, kami menjalani pemusatan latihan serta uji coba internasional, saya yakin ada manfaatnya dikemudian hari nanti," kata Bima Sakti .

baca juga: Suhu di Tajikistan Berkisar 13-16 Derajat Celcius, Ini Permintaan Ketum PSSI Untuk Timnas Indonesia U-23

Ia juga menjelaskan bahwa tim asuhannya punya prospek yang bagus dan masa depan yang cerah untuk timnas kelompok usia selanjutnya. Secara terpisah sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan PSSI menghormati keputusan Komite Konfederasi Sepak Bola Asia (Asian Football Confederation - AFC).

"PSSI akan tunduk dan patuh terhadap apapun keputusan dari AFC. Sehingga penundaan ini membuat kita punya waktu yang panjang untuk mempersiapkan generasi selanjutnya Timnas U-16 dan U-19," kata Iriawan.

Lebih lanjut, ia menambahkan dengan adanya pembatalan sejumlah ajang tersebut bukan akhir bagi pemain Timnas U-19 dan Timnas U-16. Sebab menurutnya pemain bisa juga akan naik level ke kelompok umur selanjutnya dan untuk itu pemain harus selalu kerja keras, disiplin, serta selalu memberikan hasil yang maksimal.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi