Piala Dunia U-20 Ditunda Hingga 2023, PSSI Harus Persiapan Ulang dengan Pemain dari Level U-16

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - PSSI mengambil sisi positif dari pembatalan Piala Dunia U-20 2021 yang akan dihelat di Indonesia. Mereka menganggap keputusan FIFA ini membuat persiapan skuad Garuda bisa jauh lebih matang.

FIFA resmi membatalkan Piala Dunia U-20 2021 pada Kamis (24/12/2020) malam WIB. Pandemi COVID-19 jadi salah satu alasan keputusan tak mengenakan itu.

baca juga: Tinjau Latihan Timnas Indonesia, Menpora: Jaga Kesehatan

Meski demikian, Indonesia masih bisa bernapas lega karena akan tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang direncanakan FIFA akan dihelat pada 2023 alias mundur dua tahun.

Ketua Umum PSSI , Mochamad Iriawan, berharap pembatalan ini bisa memberikan dampak positif bagi Timnas Indonesia. Dengan persiapan yang lebih matang, Iriawan berharap skuad Merah Putih bisa jadi juara di 2023.

baca juga: "Tagak Tampughuang" Tradisi Menyambut Malam 27 Ramadan di Kampung Maligi Pasbar

"Menyusul pembatalan Piala Dunia U-20 FIFA pada 2021, Timnas yang akan kita persiapkan nantinya, dapat memanfaatkan waktu tambahan dan melanjutkan program untuk persiapan Piala Dunia U-20 FIFA pada 2023," kata Mochamad Iriawan dalam rilis resmi PSSI .

"Saya berharap semoga persiapannya bisa lebih menyeluruh, matang, dan nanti bisa menjadi juara," tambah Iriawan.

baca juga: PKS Yakin Jokowi Tidak Ingin 3 Periode, Tapi..

Kepastian penundaan Piala Dunia U-20 ke 2023 membuat pemain-pemain yang tergabung dalam pemusatan latihan nasional (Pelatnas) Timnas Indonesia U-19 kehilangan kesempatan untuk berpartisipasi.

Anak asuh Shin Tae-yong yang saat ini sedang digembleng untuk Piala Dunia U-20 2021 dipastikan sudah melewati batas usia yang ditetapkan.

baca juga: Kontroversi TWK Pegawai KPK untuk Alih Status ASN, Koordinator ICW: Mereka Radikal dalam Pemberantasan Korupsi Sehingga Tidak Disukai

Kondisi itu membuat Indonesia mau tidak mau melakukan persiapan ulang dengan para pemain baru yang berasal dari level usia U-16.

Belum ada pernyataan mengenai nasib program Timnas Indonesia U-19 saat ini apakah dilanjutkan atau tidak. Pasalnya, tanggal 26 Desember nanti, David Maulana dan kawan-kawan akan terbang ke Spanyol untuk melakukan training camp (TC).

Editor: Eko Fajri