Insiden Rasisme, Laga Paris Saint-Germain vs Istanbul Basaksehir Terpaksa Ditunda

Pemain Istanbul Basaksehir, staf, dan pemain Paris Saint-Germain mendatangi wasit akibat adanya dugaan rasial oleh ofisial pertandingan terhadap ofisial Basaksehir dalam laga pamungkas Liga Champions di Stadion Parc de Princes, Selasa (8/12/2020)
Pemain Istanbul Basaksehir, staf, dan pemain Paris Saint-Germain mendatangi wasit akibat adanya dugaan rasial oleh ofisial pertandingan terhadap ofisial Basaksehir dalam laga pamungkas Liga Champions di Stadion Parc de Princes, Selasa (8/12/2020) (Net)

KLIKPOSITIF - Laga antara Paris Saint-Germain vs Istanbul Basaksehir harus ditunda akibat insiden rasisme. Pertandingan itu dihentikan sementara karena pemain PSG dan Basaksehir kompak keluar dari lapangan sebagai bentuk protes.

Laga PSG vs Basaksehir tersaji di matchday terakhir Grup H Liga Champions , di Parc des Princes, Rabu (9/12/2020). Insiden berbau rasis terjadi saat laga berjalan 15 menit.

baca juga: Daftar Pemain Semen Padang FC Bocor di Medsos, Ini Kata Manajer SPFC

Wasit Ovidu Hategan harus menghentikan laga pada momen tersebut lantaran terjadi perselisihan di pinggir lapangan yang melibatkan asisten pelatih Basaksehir, Pierre Webo.

Webo dikartu merah karena dianggap melakukan protes berlebihan. Hategan mengambil keputusan itu atas dasar saran dari wasit keempat.

baca juga: Ikut Komentari Penampilan Rossi, Ini Kata Lorenzo

Namun setelah diselidiki, Webo melakukan protes karena dia merasa dilecehkan lantaran wasit keempat memanggilnya dengan kata-kata bernada rasis.

Penyerang gaek Basaksehir yang duduk di bangku cadangan, Demba Ba, turut tersulut emosi atas kejadian itu. Dia melaporkan kepada Hategan bahwa wasit keempat telah melakukan pelecehan rasial.

baca juga: Agus Suardi Janji Lakukan Hal Ini Jika Terpilih Sebagai Ketum KONI Sumbar

"Anda tidak pernah berkata 'Ini orang kulit putih", lalu mengapa saat Anda menunjuk pria kulit hitam Anda memanggilnya dengan sebutan orang hitam?" tanya Demba Ba dengan emosional sebagaimana dikutip Give Me Sport, Rabu (9/12/2020).

Insiden itu membuat para pemain Istanbul Basaksehir ogah melanjutkan pertandingan dengan meninggalkan lapangan. Sikap itu turut diikuti para pemain Paris Saint-Germain sebagai bentuk solidaritas.

baca juga: Begini Format Liga 2 Musim Ini yang Disiapkan PT LIB

Menyadur laman resmi UEFA, duel PSG vs Basaksehir resmi ditunda dan dijadwalkan sisa waktu pertandingan akan dilanjutkan pada Rabu sore waktu setempat atau Kamis dini hari WIB. Pengadil atau ofisial pertandingan akan diganti dalam laga lanjutan ini.

"Setelah berdiskusi dengan kedua klub, UEFA memutuskan dengan alasan yang luar biasa untuk melanjutkan sisa waktu pertandingan besok dengan ofisial pertandingan yang baru," tulis UEFA di Twitter.

Editor: Eko Fajri