21 Pemain Garuda Select Jilid 3 Resmi Terbentuk, Segera Terbang ke Inggris

.
. (PSSI)

KLIKPOSITIF - Program Garuda Select jilid ketiga akhirnya resmi dimulai. Hal ini bersamaan dengan dilepasnya para pemain yang bakal menimba ilmu ke Inggris, di Jakarta, Rabu (2/12/2020) malam.

21 pemain telah terpilih lewat hasil seleksi ketat yang dipantau oleh Dennis Wise selaku direktur teknik Garuda Select. Para pemain yang dibawa merupakan yang terbaik.

baca juga: Satu per Satu Mantan Anak Asuhnya Adu Nasib di Luar Negeri, Ini Kata Indra Sjafri

Pada pelepasan pemain ini hadir Wakil Sekjen PSSI Maaike Ira Puspita, perwakilan Mola TV Mirwan Suwarso, dan juga melalui komunikasi virtual Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

Skuat Garuda Select jilid ketiga ini dijadwalkan berangkat ke Inggris pada Kamis (3/12/2020) malam. Maaike Ira Puspita yang mewakili Ketua Umum PSSI , Mochamad Iriawan, mengapresiasi program ini.

baca juga: Sejumlah Pemain Timnas Ikuti Kursus Pelatih Lisensi C

Lewat Garuda Select diharapkan bisa memunculkan bibit-bibit muda berbakat Indonesia untuk bisa memperkuat tim nasional di masa mendatang.

" PSSI memiliki cita-cita besar dalam pengembangan usia muda. Target pencapaian terhadap cita-cita tersebut salah satunya dilakukan dengan melaksanakan beberapa program kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya adalah program akselerasi pembinaan pemain antara PSSI dengan Mola TV yang pada tahun 2020 ini merupakan gelaran yang ketiga kalinya," kata Ira dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com.

baca juga: PSSI Terbitkan SK Penghentian Kompetisi

" PSSI berharap semua pemain bisa terus meningkatkan kualitas individu mereka. Jangan cepat menyerah dalam menimba ilmu selama mengikuti program di Eropa agar kelak menjadi tumpuan tim nasional," tambahnya.

Adapun perwakilan Mola TV, Mirwan Suwarso, menekankan para pemain bisa memaksimalkan kesempatan langka ini. Ia berharap semua pemain bisa meningkatkan ilmu sepakbola di Inggris.

baca juga: Asnawi Gabung Klub Korsel, Indra Sjafri: Percaya dengan Proses

"Mola hanya membantu mengembangkan bakat-bakat yang ada, untuk menjadi pemain yang lebih baik. Tolok ukur keberhasilan dari program ini adalah para pemain mampu meningkatkan performa dari hari ke hari dari latihan yang didapat," ujar Mirwan.

"Nantinya para pemain akan digabungkan dengan beberapa pemain dari negara lain untuk melatih keberanian serta mental mereka. Jadi, mereka juga bisa mempelajari budaya dari bangsa lain sebagai bekal mereka nanti," ia menambahkan.

Dalam rombongan pemain yang berangkat, terdapat tiga orang dari angkatan kedua yang kembali ikut serta. Ketiga pemain tersebut adalah Fernando Pamungkas, Edgard Amping, dan Rafli Asrul.

Kehadiran mereka diharapkan bisa menjadi penghubung antara tim pelatih dan para pemain angkatan ketiga yang baru bergabung tahun ini.

"Sejauh ini biasanya mereka sering bertanya kepada saya soal kondisi di Inggris. Saya kasih tahu harus jaga kondisi karena cuaca di sana berbeda dengan di sini, banyak hal baru yang akan didapat di sana," jelas Fernando Pamungkas.

Editor: Eko Fajri