Pemain Sepakati Pemotongan Gaji, Barcelona FC Terhindar dari Kebangkrutan

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Barcelona FC akhirnya bisa menghindari kebangkrutan menyusul tercapainya kesepakatan pemangkasan gaji dengan para pemain. Dilaporkan Goal, Barcelona akan memangkas gaji para pemain dengan total 122 juta euro selama tiga tahun ke depan.

Dengan kesepakatan tersebut, pihak klub hanya akan membayar gaji pemain dengan total 50 juta euro per musim.

baca juga: Menkes Budi Gunadi: Sebulan Jadi Menteri, Rasanya 10 Tahun

Klub telah dipaksa untuk memotong anggaran mereka setelah La Liga memberlakukan batas gaji yang lebih rendah bagi para pemain pada pekan lalu. Kebijakan tersebut diambil La Liga guna mencegah meredam guncangan finansial yang dialami setiap klub akibat dari pandemi COVID-19.

Presiden La Liga Javier Tebas mengambil kebijakan untuk mamangkas pengeluaran setiap klub mengingat belum diperbolehkannya suporter menghadiri pertandingan di stadion.

baca juga: 2.320 Dosis Vaksin Corona Sampai di Payakumbuh

Sebagaimana diketahui, tanpa kehadiran penonton di stadion, setiap klub kehilangan banyak uang di setiap pertandingan.

Kesepakatan antara manajemen Barcelona dengan para pemain tercapai setelah negosiasi alot selama beberapa pekan yang melibatkan pelatih Ronald Koeman dan sejumlah pemain kunci seperti Lionel Messi.

baca juga: Ini Daftar Provinsi yang Rumah Sakitnya Hampir Penuh dengan Pasien Covid-19

"Hari ini, para pihak pada prinsipnya telah mencapai kesepakatan yang memungkinkan penyesuaian gaji untuk musim ini," kata klub tersebut pada Jumat (28/11/2020) dalam sebuah pernyataan.

"Kesepakatan termasuk 122 juta euro [dalam] remunerasi tetap, yang ditambahkan ke penangguhan selama tiga tahun dari remunerasi variabel mulai musim ini [dan seterusnya], dianggarkan dengan angka perkiraan 50 juta euro."

baca juga: Sri Mulyani: APBN 2020 Telah Mampu Jaga Kontraksi Perekonomian Dampak Covid-19, 2021 Optimis

"Kesepakatan tersebut, jika diratifikasi, akan menjadi tonggak sejarah yang sangat penting untuk mengarahkan kembali situasi ekonomi saat ini."

"Bahwa kedua pihak mengakui upaya besar yang harus dilakukan untuk mencapai prinsip kesepakatan ini, [mereka harus] memberi selamat pada diri sendiri untuk itu."

Ini merupakan awal yang sulit untuk musim baru bagi Barca, menyusul musim 2019-20 yang diwarnai oleh kekacauan, meski mereka tetap tak terkalahkan di Eropa.

Meski di Liga Champions musim ini Barcelona bertengger di puncak Grup G dan telah membukukan tempat di babak 16 besar, skuat Ronald Koeman masih mengalami kesulitan di kancah domestik, La Liga.

Mengantongi 11 poin dari delapan pertandingan, Barcelona saat ini masih tercecer di posisi 13 klasemen sementara La Liga.

Meski masih memiliki dua pertandingan lebih banyak jelang jornada ke-11, Barcelona terpaut 12 poin dari Real Sociedad yang bertengger di puncak klasemen sementara.

Editor: Eko Fajri