Cerita Mourinho Kerja Paruh Waktu Jadi 'Asisten' Maradona di Piala Dunia 2006

Maradona dan Mourinho
Maradona dan Mourinho (Net)

KLIKPOSITIF - Jelang kick-off pertandingan Liga Europa antara Tottenham Hotspur kontraLudogorets di Stadion Tottenham, London, Jumat (27/11/2020) dini hari WIB, para pemain kedua tim mengheningkan cipta sejenak untuk mengenang Diego Maradona . Pelatih Spurs, Jose Mourinho , dikenal punya hubungan personal dengan Diego.

Sang legenda besar sepak bola dunia meninggal pada hari Rabu (26/11/2020) di usia 60 tahun.

baca juga: Napoli Akan Resmikan Patung dan Stadion Maradona Akhir Bulan Ini

Pemenang Piala Dunia 1986 mengenakan kostum Tottenham di tahun yang sama ketika dia bermain dalam testimonial Ossie Ardiles. Ia merupakan sahabat dekat Jose Mourinho .

"Saya merasa menyesal tidak menghabiskan lebih banyak waktu bersamanya," kata Mourinho.

baca juga: Italiano Takut-takuti Pemain Fiorentina dengan Jose Mourinho

Jose membedakan sang maestro dengan istilah Diego dan Maradona .

" Maradona seperti yang kita tahu semua, ia legenda besar sepak bola dunia. Banyak hal yang ia telah lakukan. Pencapaiannya amat luar biasa. Buat saya pribadi, sosok Diego berbeda lagi. Dengan Diego saya memiliki hubungan spesial," ucap manajer asal Portugal itu.

baca juga: Antonio Conte Gagal, Tottenham Kejar Mantan Pelatih AS Roma Sebagai Pengganti Mourinho

"Keluarganya, teman-teman besar, dan kolega-kolega sangat beruntung bisa menghabiskan dan mengenal Diego dengan baik. Saya cukup mengenalnya dan dalam kekalahan besar saya, Diego akan selalu menelepon saya. Saat saya menang, ia justru tak pernah melakukannya. Saya akan merindukan Diego."

Jose Mourinho menyebut Diego Maradona sosok yang ceria. "Tentu saja saya sangat sedih, tetapi saya memiliki senyuman karena setiap menit yang saya habiskan bersamanya, itu adalah untuk tertawa."

baca juga: Akhirnya Terpecahkan, Ini Penyebab Kematian Diego Maradona

Hubungan Jose dengan Maradona sudah berlangsung cukup lama. Pada saat menukangi Timnas Argentina di Piala Dunia 2006, Maradona kerap melakukan diskusi dengan The Special One lewat sambungan telepon.

Diego mendengarkan betul masukan Jose Mourinho kaitan dengan taktik permainan serta pemain-pemain yang dipilih di lapangan. Sempat muncul bercandaan di kalangan pengamat sepak bola, semestinya Jose sekalian saja menjalani pekerjaan paruh waktu sebagai asisten Maradona di Afrika Selatan.

Editor: Rezka Delpiera