Piala Dunia U-20 Berlangsung Mei 2021, Bagimana Nasib Liga 1 Indonesia?

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - PT Liga Indonesia Baru ( LIB ) menyatakan kompetisi Liga 1 Indonesia yang direncanakan bergulir pada Februari-Juli 2021 bisa saja vakum saat Piala Dunia U-20 berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2021.

"Iya, jadi pasti pada saat Piala Dunia misalnya Juni itu, kita berhenti aja dulu tapi lanjutkan nanti, vakum istilahnya," ujar Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita saat dihubungi, Sabtu (14/11/2020).

baca juga: Pemerintah Seleksi 1 Juta Guru PPPK, Gunakan Lima Terobosan

Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia tersebut telah mengalami beberapa kali penundaan. Awalnya, Liga 1 dan Liga 2 akan dimulai Oktober, tetapi dua hari jelang kickoff pihak kepolisian tak memberikan restu.

PSSI dan PT LIB lantas memundurkan kompetisi ke November atau Desember, namun tetap saja kepolisian tak memberikan izin karena sebagian wilayah di Indonesia akan menggelar pemilihan kepala daerah serentak.

baca juga: Pemilih Belum Rekam E-KTP? Bawaslu Sarankan KPU Koordinasi dengan Dukcapil

Kedua otoritas sepak bola Indonesia itu sepakat bahwa kompetisi mesti dilanjutkan karena akan berdampak pada persiapan menuju Piala Dunia U-20. Mereka kemudian mengalihkan rencana ke Februari 2021.

Namun masalah tak berhenti di sana, sebab sebagian pihak berpandangan bahwa PSSI dan PT LIB menentukan jadwal sekehendak mereka tanpa mempertimbangkan agenda-agenda lain.

baca juga: Musim Depan, Quartararo Yakin Motornya Bakal Lebih Kompetitif

Pasalnya, jika bergulir pada Februari, jalannya kompetisi sangat dekat dengan pelaksanaan Piala Dunia U-20. Hal itu dianggap berpotensi mengganggu persiapan Piala Dunia U-20 2021.

Ada juga yang berpandangan bahwa liga bisa tetap jalan beriringan dengan Piala Dunia U-20 sebab tak mengganggu agenda ataupun persiapan timnas Indonesia U-19.

baca juga: RSD Wisma Atlet Kini Rawat 3.365 Pasien Corona

Meski demikian, LIB masih akan menggodok format serta jadwal pertandingan. Semuanya masih coba diolah agar pelaksanaan semua kegiatan sepak bola di Indonesia tahun depan bisa ideal dan tidak berantakan.

"Jadi karena kita belum tahu nih Piala Dunia (sesuai jadwal atau mundur) anggap saja masih on schedule (sesuai jadwal). Jadi memang kita bersama PSSI sepakat gelar saja liga tanpa ada kegiatan apapun dulu. Tanpa ada yang menghalangi," kata dia.

"Tapi kalau Piala Dunia on schedule, terpaksa kita mendahulukan Piala Dunia. Nanti kita akan kasih tahu ke klub semua. Jadi digelar aja dulu, kalau on schedule kita berhentikan liga setelah itu mulai lagi setelah piala dunia selesai. Itu rencananya," sambungnya seperti dimuat Antara.

Editor: Eko Fajri