Lille Permalukan AC Milan di San Siro, Laju 24 Pertandingan Tanpa Kekalahan Milan Terhenti

Para pemain Lille merayakan gol Yusuf Yazici ke gawang AC Milan dalam laga Liga Europa 2020/2021 di San Siro, Milan, Italia, Jumat (6/11/2020) dini hari WIB.
Para pemain Lille merayakan gol Yusuf Yazici ke gawang AC Milan dalam laga Liga Europa 2020/2021 di San Siro, Milan, Italia, Jumat (6/11/2020) dini hari WIB. (Net)

KLIKPOSITIF - Hat-trick Yusuf Yacizi mengantar wakil Prancis, Lille mempecundangi tuan rumah AC Milan 3-0 pada pertandingan matchday 3 Grup H Liga Europa 2020/2021 di San Siro, Milan, Jumat dini hari WIB.

Kemenangan itu mendongkrak Lille memuncaki klasemen sementara Grup H dengan tujuh poin dari tiga pertandingan.

baca juga: Hanya Mampu Imbang, Liverpool Tersingkir- Madrid Lawan Chelsea

Sedangkan kekalahan pertama bagi Milan di Liga Europa maupun lintas ajang musim ini membuat mereka turun ke posisi kedua dengan enam poin.

Lille mendapat hadiah penalti pada menit ke-22 akibat Alessio Romagnoli dianggap mendorong Yacizi di kotak terlarang.

baca juga: Menang Lagi dari Dortmund, City ke Semi Final Liga Champions

Gelandang serang Timnas Turki berusia 23 tahun itu sendiri yang mengeksekusi penalti, dan ia sukses menaklukkan kiper Gianluigi Donnarumma.

Pada menit ke-55, tim tamu menggandakan keunggulan. Bola sepakan spekulasi Yacizi dari luar kotak penalti sempat memantul di mulut gawang, dan berubah arah sehingga gagal diantisipasi oleh Donnarumma.

baca juga: Hasil Liga Eropa Dini Hari tadi: Roma Gebuk Ajax, Villareal Menang 1-0

Memasuki menit ke-58, Lille melakukan serangan cepat yang berujung bola umpan terobosan dapat diterima Jonathan David, bola kemudian dioper kepada Yacizi untuk dikonversi menjadi gol yang melengkapi trigolnya.

Kekalahan telak ini sekaligus mengakhiri laju 24 pertandingan kompetitif tanpa terkalahkan yang diukir AC Milan. Ini juga sekaligus kekalahan kandang pertama Rossoneri sejak mereka takluk 1-2 dari Genoa pada 8 Maret silam.

baca juga: Sebut Nabil Husein Selalu Menjadi Saudara, Diego Michiels Tinggalkan Borneo FC?

Pada pertandingan Grup H lainnya dini hari tadi, Sparta Praha meraih kemenangan perdana mereka di Liga Europa musim ini setelah menaklukkan tuan rumah Celtic dengan skor 4-1.

Lukas Julis memecah kebuntuan melalui golnya pada menit ke-26. Diawali sepakan David Hancko dari sudut yang mengenai tiang jauh, bola kemudian memantul ke jalur pergerakan Julis, yang menyambutnya dengan tembakan keras masuk ke gawang tuan rumah.

Celtic berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-65. Tom Rogic menciptakan ruang dan melepaskan sepakan yang masih dapat ditahan kiper Florin Nita, namun Leigh Griffiths bergerak cepat untuk menembakkan bola pantul.

Wakil Ceko Sparta merestorasi keunggulan dua gol pada menit ke-77. David Moberg-Karlsson merangsek di sisi kiri dan mengirimkan bola kepada Julis untuk disepak masuk ke gawang dari jarak dekat, sekaligus melengkapi trigolnya.

Ladislav Krejci mengukir gol penutup kemenangan Sparta pada menit ke-90. Umpan silang Dockal dari sisi kiri, dengan leluasa ditanduk Krejci yang tidak terkawal untuk masuk ke gawang Celtic.

Editor: Eko Fajri