Nanti Malam Timnas U-19 akan Kembali ke Indonesia

Timnas U-19, pelatih dan offisial
Timnas U-19, pelatih dan offisial (PSSI)

KLIKPOSITIF -Tim Nasional Indonesia resmi mengakhiri pemusatan latihan (TC) di Split, Kroasia pada Sabtu (24/10/2020). Usai menjalani internal game pada Jumat (23/10/2020) lalu, Garuda Muda meninggalkan Split menuju ke Zagreb untuk persiapan pulang ke Indonesia.

David Maulana dan kawan-kawan berada di Zagreb hingga Senin (26/10/2020) dan malam harinya bertolak kembali ke Tanah Air. Pada Minggu (25/10/2020) kemarin seluruh pemain dan ofisial telah menjalani swab test terlebih dahulu.

baca juga: Masih Ingat Todd Rivaldo Ferre? Mantan Pemain Timnas U-19 Ini Dikabarkan Bakal Main di Liga Thailand

Pemain tim nasional Indonesia U-19 merasakan banyak manfaat dan pelajaran yang dapat dipetik selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Hal ini diungkapkan oleh kapten timnas U-19, David Maulana dan gelandang Witan Sulaeman.

Garuda Muda menjalani TC di negeri berjuluk Vatreni tersebut selama dua bulan. Selain latihan, timnas U-19 juga melakoni sejumlah laga uji coba dengan negara atau klub di Kroasia.

baca juga: Jersey Ketiga Timnas Indonesia Diluncurkan, Ada Sentuhan Tambahan Teknologi

"Alhamdulillah kami sudah menjalani dua bulan kami menjalani TC di Kroasia. Banyak manfaat, pengalaman dan pelajaran yang kami dapatkan disini. Kami rasa tim semakin kompak, solid dan matang," kata David Maulana, yang dikutip dari laman PSSI.

TC di Kroasia sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang. Selain itu, Garuda Muda akan berlaga di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

baca juga: Hadir di TC Timnas U19, Ketum PSSI Soroti Sepatu

"Kami berterima kasih kepada PSSI yang telah mendukung program timnas U-19. Kami harus terus belajar dan jangan cepat puas sampai disini karena kami akan mengikuti Piala AFC dan tentu Piala Dunia U-20 mendatang," tambah gelandang kelahiran 25 Februari 2002 tersebut.

Sementara itu, Witan Sulaeman mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya juga mengalami peningkatan dalam hal kemampuan saat di lapangan. Hal ini karena para pemain terus bekerja keras, fokus, dan berjuang saat latihan maupun bertanding.

baca juga: Saat Ini Ada 7 Penyerang di Timnas U-19, Ini Kata Saddam Emiruddin Gaffar

"Pelatih memberikan kami banyak materi latihan dan kami selalu fokus untuk mengikuti arahannya. Meski begitu kami masih ada kekurangan dan evaluasi untuk tim. Untuk itu, kami harus cepat perbaiki dan selalu bekerja keras," kata pemain asal klub Serbia, FK Radnik Surdulica.

Witan pada hari Minggu (25/10/2020) ini langsung bertolak ke Serbia dan bergabung bersama klubnya, FK Radnik Surdulica.

Garuda Muda telah menjalani sebelas laga uji coba selama di Kroasia yakni melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina (0-1), Dinamo Zagreb (1-0), NK Dugopolje (3-0), Makedonia Utara (4-1 dan 0-0), Hajduk Split (4-0). Dan sekali menjadi laga internal game.

Editor: Haswandi