Kalah Tipis dari UEA, Ini Komentar Bima Sakti

Timnas U-16 vs UEA
Timnas U-16 vs UEA (PSSI)

KLIKPOSITIF - Tim nasional Indonesia U-16 harus mengakui keunggulan Uni Emirat Arab ( UEA ) dengan skor 2-3 pada laga uji coba di Stadion federasi sepak bola UEA , Rabu (21/10/2020). Pada pertandingan ini, skuat Garuda Asia sempat memimpin dengan skor 2-1 terlebih dahulu.

Sejak menit pertama, anak asuh Bima Sakti tersebut langsung menyerang pertahanan tuan rumah. Bahkan permainan satu dua yang ditampilan Garuda Asia langsung membuahkan hasil pada menit ke-5. Adalah Raka Cahyana Rizky yang mampu melesakkan gol pembuka bagi skuat Garuda Asia hingga membawa tim unggul atas UEA U-16 1-0.

baca juga: Jersey Ketiga Timnas Indonesia Diluncurkan, Ada Sentuhan Tambahan Teknologi

Permainan disiplin timnas U-16 diuji dipertengahan babak pertama. Pada menit ke 25, gawang yang dijaga ketat oleh I Made Putra Kaicen harus kebobolan juga melalui kreasi gol Sultan Adel Muhammad. Skor pun imbang 1-1.

Tak gentar menghadapi tekanan tim tuan rumah, timnas U-16 pun memberikan perlawan dengan bermain lebih cepat demi membuahkan gol. Hasilnya pada menit ke-40 gol pun tercipta melalui sepakan Ahmad Athallah Raihan yang sukses menghujam gawang UAE dan membawa timnas U-16 unggul 2-1 di babak pertama.

baca juga: Panggil 38 Pemain Untuk TC di Jakarta, Shin Tae Yong : Saya Memantau Latihan Secara Virtual

Dibabak kedua bongkar pasang pemain pun dilakukan pelatih Bima Sakti . Namun sayang pada menit ke-52' dan 74', gawang Indonesia harus kebobolan lagi. Sultan Adel Muhammad mencetak dua gol dan timnas U-16 kalah dengan skor 2-3.

Usai laga, pelatih timnas U-16, Bima Sakti mengatakan meski kalah anak asuhnya sudah banyak mengalami progres dari segi permainan. Selain itu, chemistry antar pemain terutama saat defense, attack terutama transisi sudah terlihat lumayan.

baca juga: Dua Pemain SSB Gasliko Lima Puluh Kota Dipanggil Seleksi Nasional

"Cuma memang ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan dievaluasi. Seperti kedisiplinan dalam menempati posisi masing-masing dan komunikasi antar pemain," kata Bima Sakti , yang dikutip dari laman PSSI.

"Jarak antar lini perlu diperbaiki karena kelihatan di menit-menit akhir posisi mereka melebar sehingga ini menjadi celah bagi lawan untuk bisa memanfaatkan situasi ini. Mereka tim bagus dan kita kehilangan fokus di menit-menit akhir, tapi secara umum kami sudah melakukan yang terbaik," tambah pelatih yang pernah menangani timnas Indonesia senior dan U-19 tersebut.

baca juga: Berposisi Striker, Pemain Asal Sumbar Ini Dipanggil Bima Sakti Ikuti TC Timnas U-16

Timnas U-16 kembali bertemu UEA pada Sabtu (24/10/2020) mendatang di tempat yang sama. Uji coba ini merupakan bagian dari persiapan Garuda Asia mengikuti Piala AFC U-16 2020 yang rencananya akan digelar tahun 2021 mendatang.

Editor: Haswandi