Berdiri Sejak 1950-an Stadion Markas PSM Hari Ini Dirobohkan

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Stadion Andi Mattalatta di Jalan Cendrawasih, Kota Makassar, adalah stadion yang menyimpan banyak sejarah bagi dunia bola di Indonesia.

Stadion yang menjadi markas PSM Makassar ini mulai direnovasi. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) sudah melakukan pembongkaran bangunan hari ini.

baca juga: Pemerintah Seleksi 1 Juta Guru PPPK, Gunakan Lima Terobosan

Desain baru Stadion Andi Mattalatta tampil lebih modern. Akan rampung dalam kurun waktu 18 bulan.

"Pokoknya modern deh. Harapannya kita insyaallah 2022 awal sudah bisa, 18 bulan paling lama," kata Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Stadion Andi Mattalatta Makassar, usai melakukan pembongkaran menggunakan alat berat secara simbolis, Rabu pagi (21/10/2020).

baca juga: Pemilih Belum Rekam E-KTP? Bawaslu Sarankan KPU Koordinasi dengan Dukcapil

Nurdin menjelaskan, untuk pembongkaran sejumlah fasilitas di Stadion Andi Mattalatta Makassar yang diketahui sudah berdiri sejak 1950-an tersebut, akan dilakukan dalam waktu dua bulan. Setelah itu dilanjutkan dengan pembangunan fisik.

"(Pembongkaran) bukan berapa hari, dua bulan insyaallah. Dua bulan insyaallah bisa diselesaikan dan kita lanjutkan pembangunan fisik," kata Nurdin.

baca juga: Musim Depan, Quartararo Yakin Motornya Bakal Lebih Kompetitif

"Dan ini juga kita sudah siapkan untuk satu kali tandem sampai selesai. Insyaallah 2022 awal sudah bisa," Nurdin menambahkan.

Nurdin mengungkapkan, untuk pembangunan Stadion Andi Mattalatta Makassar juga akan mengalami sedikit pergeseran dari bangunan sebelumnya.

baca juga: RSD Wisma Atlet Kini Rawat 3.365 Pasien Corona

Hal ini dilakukan agar masyarakat yang ingin melaksanakan olahraga pagi seperti jogging track di area stadion dapat lebih leluasa ketika dilakukan perluasan.

" Stadion dulu langsung. Saya kira juga harus bergeser sedikit ya, supaya lebih luas jogging tracknya. Jogging tracknya ada dua. Di atas dan di bawah," ungkap Nurdin.

Saat ditanya apakah pembangunan Stadion Andi Mattalatta Makassar akan menggunakan anggaran APBD, Nurdin belum mau membeberkan.

"Ya dari mana, dari mana urusannya kita itu. Kalau ini insyaallah sudah siap," katanya.

Andi Ilham Mattalatta menerangkan bahwa pembongkaran stadion tersebut merupakan hasil kesepakatan dari pihaknya bersama Pemprov Sulsel untuk melakukan renovasi.

Apalagi, kata Ilham, dirinya juga tidak bisa menutup mata bahwa perkembangan zaman sekarang ini memang telah menghendaki bahwa perubahan-perubahan di Stadion Andi Mattalatta Makassar harus segera dilakukan.

"Kesepakatan bahwa kita bersama-sama, memberikan keleluasan pemerintah untuk melakukan renovasi. Kita tidak usah mempertahankan yang sudah sekian lama ini, dan sudah tidak memenuhi standar zaman sekarang," terang Ilham.

Menurut Andi Ilham, setelah dilakukan pembangunan, nama stadion tetap akan melekat dengan nama yang selama ini digunakan.

Selain itu, pengelolaan Stadion Andi Mattalatta Makassar juga akan diserahkan Pemprov Sulsel kepada Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan atau YOSS.

"Pengelolaanya sendiri seperti yang dikatakan Pak Gubernur akan diserahkan kepada YOSS, tapi itu kan nanti masih panjang itu. Nanti selesai bangunan ya. Insyaallah seperti janji Pak Gubernur, (nama Stadion Andi Mattalatta tetap)," beber Ilham.

Untuk sementara, Stadion Andi Mattalatta Makassar tidak dapat digunakan dahulu. Semua barang-barang yang ada di dalam bangunan tersebut juga akan segera dikosongkan demi kelancaran pembangunan.

Sebab itu, ia berharap agar semua rencana pembangunan Stadion Andi Mattalatta tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Sebab itu, ia berharap agar semua rencana pembangunan Stadion Andi Mattalatta tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri