Meski Ditunda, Shopee Tetap Jadi Sponsor Utama Liga 1

Shopee Liga 1 2020
Shopee Liga 1 2020 (shopee.co.id)

KLIKPOSITIF -- PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator Liga 1 dan 2 resmi mengundur jalannya kompetesi selama satu bulan dari Oktober ke November.

Penundaan disampaikan melalui konferensi pers oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Selasa (29/9/2020).

baca juga: Jadi Orang Indonesia Pertama Ikuti Rapat Teknis Komite AFC, Ini Kata Indra Sjafri

Alasan penundaan adalah pandemi Covid-19 yang angka positifnya terus menanjak sehingga tidak memungkinkan untuk membuat keramaian.

Menurut Polri, kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia belum bisa dikendalikan. Angka positif terus menanjak tajam sehingga Polri terpaksa mengambil kebijakan melarang segala kegiatan yang berhubungan dengan keramaian.

Tanggapan Klub

Pengunduran kompetisi ini ditanggapi beragam oleh klub. Salah satu peserta kompetisi Liga 2, Semen Padang FC, mengatakan dapat menerima pengunduran kompetisi karena alasan keamanan.

baca juga: Kompetisi di Tengah Pandemi, PSSI Buat Buku Panduan

Namun, menurut Manager Semen Padang FC kepada KLIKPOSITIF , Effendi Syahputra, pengunduran kompetisi berdampak pada sponsor. Ia berharap PSSI dan operator liga mencarikan jalan keluar atas masalah pendanaan ini.

Menurut Effendi, klub tentu saat ini semakin sulit secara pendanaan, mengingat tertundanya pencairan dana sponsor sehingga berdampak pada keuangan klub, yang akan makin sulit di bulan-bulan berikutnya.

baca juga: Irsyad Maulana dan Leo Guntara Resmi Perkuat Kabau Sirah di Liga 2

Aji Santoso, pelatih Persebaya Surabaya yang rencananya akan menjalani laga pembuka melawan Barito Putra, berharap penundaan kompetisi disertai pembenahan protocol kesehatan. Melalui laman resmi klub persebaya.id, Persebaya mengumumkan 4 pemain positif Covid-19.

Presiden Persebaya, Azwar Ananda, mengatakan, ancaman Covid-19 terhadap jalannya kompetisi nyata adanya. Bukan tidak mungkin, kejadian-kejadian lain akan muncul selama kompetisi berjalan.

baca juga: Rumor Barito Putra Larang Berkarier di Luar Negeri, Bagus Kahfi Jelaskan Hal Ini

"Musim ini bukan musim normal. Dan tidak akan menjadi musim normal. Tak hanya Persebaya, ini bisa terjadi pada siapa saja. Karena itu, semoga apa yang terjadi ini bisa menjadi pelajaran bersama," ujarnya seperti dinukil dari persebaya.id.

Komitmen Shopee

Sementara sponsor utama ShopeeLiga 12020 menyampaikan komitmennya terhadap jalannya kompetisi. Perusahaan e-commerce tersebut memastikan bahwa mereka mendukung segala keputusan dari PSSI dan juga LIB.

"Kami berkomitmen penuh atas jalannya kompetisi. Dan mendukung keputusan PSSI dan PT LIB atas ditundanya kompetisi Shopee Liga 1 ," ujar Direktur Shopee Indonesia, Handika Jahja.

Ia mengatakan pertimbangan keamanan serta keselamatan masyarakat haruslah menjadi tujuan utama.

Jawaban ini juga menjawab adanya isu-isu komitmen Shopee dipertanyakan karena liga ditunda sejak 16 Maret lalu.

Handika juga mengatakan apabila situasi sudah kondusif dan memungkinkan dijalankannya kompetisi, Shopee mendukung penuh untuk memajukan sepakbola Indonesia. Menurutnya, Shopee siap mendukung jalannya kompetisi yang tentunya mempertimbangkan faktor keamanan. (*)

Editor: Pundi F Akbar