Bayern Munich Dominasi Penghargaan Pemain Terbaik UEFA 2019/20, Didier Drogba dapat Anugerah

(Kiri-kanan) Pelatih Bayern Munich Hansi Flick, Alexander Ceferin (Presiden UEFA, Robert Lewandowski, Didier Drogba, Manuel Neuer dan Joshua Kimmich berpose usai menerima penghargaan UEFA dan Liga Champions di Jenewa, Swiss, Kamis (1/10/2020).
(Kiri-kanan) Pelatih Bayern Munich Hansi Flick, Alexander Ceferin (Presiden UEFA, Robert Lewandowski, Didier Drogba, Manuel Neuer dan Joshua Kimmich berpose usai menerima penghargaan UEFA dan Liga Champions di Jenewa, Swiss, Kamis (1/10/2020). (AFP)

KLIKPOSITIF - Penyerang Bayern Munich Robert Lewandowski mengawinkan gelar Pemain Terbaik UEFA dan Penyerang Terbaik Liga Champions 2019/2020 dalam acara pemberian penghargaan sekaligus undian grup Liga Champions yang diselenggarakan di Jenewa, Kamis (1/10/2020).

Pemain internasional Polandia itu mengoleksi 55 gol pada musim lalu, termasuk 15 gol dari 15 penampilannya di Liga Champions . Ia mengungguli rekan setimnya Manuel Neuer dan gelandang Manchester City Kevin de Bruyne untuk memenangi gelar Pemain Terbaik UEFA kategori putra.

baca juga: Ini Daftar Pebelap Motogp, Moto2 dan Moto3 2021

De Bruyne sendiri memenangi penghargaan gelandang terbaik Liga Champions musim 2019/2020.

Sementara itu Manuel Neuer terpilih menjadi kiper terbaik, Joshua Kimmich didaulat sebagai bek terbaik, dan gelar penyerang terbaik menjadi milik Lewandowski.

baca juga: Musim Depan, Quartararo Yakin Motornya Bakal Lebih Kompetitif

Arsitek Bayern Hansi Flick juga mendapat pengakuan atas kerja kerasnya musim lalu. Ia terpilih sebagai pelatih terbaik UEFA .

Pada kategori putri, Pernile Harder yang memecahkan rekor transfer pesepak bola saat ditransfer Chelsea dari Wolfsburg dengan nilai transfer lebih dari 250 ribu pound, terpilih sebagai Pemain Terbaik UEFA .

baca juga: MotoGP 2020 Berakhir, Berikut 7 Catatan Menarik Tahun Penuh Kejutan Ini

Sebagaimana Lewandowski, Harder juga memenang dua gelar pada malam penghargaan ini. Selain sebagai Pemain Terbaik UEFA putri, pemain Denmark itu juga terpilih sebagai Penyerang Terbaik putri di Liga Champions .

Selain gelar Penyerang Terbaik Putri yang jatuh ke tangan Harder, gelar-gelar lain di kategori putri diboyong oleh kubu Olympique Lyon selaku tim juara.

baca juga: Olahraga Berlebihan Ternyata Bisa Merusak Tubuh

Sarah Bouhaddi terpilih menjadi kiper terbaik, begitu pula Wendie Renard yang menjadi bek terbaik, dan Dzsenifer Marozsan yang memenangi penghargaan gelandang terbaik putri di Liga Champions .

Pelatih mereka, Jean-Luc Vasseur, juga kebagian penghargaan. Vasseur memenangi penghargaan Pelatih Terbaik UEFA Putri yang diberikan untuk pertama kalinya.

Selain itu, legenda Chelsea Didier Drogba juga memenangi Anugerah Presiden UEFA atas sumbangsihnya bukan hanya terhadap sepak bola Eropa tetapi juga berbagai aktivitas sosial di negara asalnya, Pantai Gading, maupun benua Afrika pada umumnya.

Berikut daftar lengkap penerima penghargaan UEFA 2019/20:

Pemain Terbaik UEFA Putra: Robert Lewandowski (Bayern Munich)

Pemain Terbaik UEFA Putri: Pernille Harder (Wolfsburg/Chelsea)

Pelatih Terbaik UEFA Putra: Hansi Flick (Bayern Munich)

Pelatih Terbaik UEFA Putri: Jean-Luc Vasseur (Olympique Lyon)

Kiper Putra Terbaik Liga Champions 2019/20: Manuel Neuer (Bayern Munich)

Bek Putra Terbaik Liga Champions 2019/20: Joshua Kimmich (Bayern Munich)

Gelandang Putra Terbaik Liga Champions 2019/20: Kevin de Bruyne (Manchester City)

Penyerang Putra Terbaik Liga Champions 2019/20: Robert Lewandowski (Bayern Munich)

Kiper Putri Terbaik Liga Champions 2019/20: Sarah Bouhaddi (Olympique Lyon)

Bek Putri Terbaik Liga Champions 2019/20: Wendie Renard (Olympique Lyon)

Gelandang Putri Terbaik Liga Champions 2019/20: Dzsenifer Marozsan (Olympique Lyon)

Penyerang Putri Terbaik Liga Champions 2019/20: Pernille Harder (Wolfsburg/Chelsea)

Anugerah Presiden UEFA : Didier Drogba

Editor: Eko Fajri