Merapat ke Atletico Madrid, Luis Suarez Tak Terbantahkan Sebagai Legenda Barcelona Kerena Hal Ini

Suarez dan Messi
Suarez dan Messi (Net)

KLIKPOSITIF - Penyerang kawakan asal Uruguay, Luis Suarez akhirnya dipastikan tetap merumput di Spanyol pasca meninggalkan Barcelona. Striker berjuluk El Pistolero itu resmi merapat ke Atletico Madrid pada bursa transfer musim panas 2020 ini.

Pada hari ini kedua kubu, baik Barcelona maupun Atletico, telah mengonfirmasi transfer ini.

baca juga: Sulit Mengejar, Vinales Nilai Suzuki Kian Tangguh

Suarez resmi hijrah ke Estadio Wanda Metropolitano, markas Atletico dengan biaya transfer enam juta euro, demikian pernyataan dari pihak Barcelona.

Bersama Atletico Madrid, penyerang berusia 33 tahun itu menandatangani kontrak berdurasi dua tahun.

baca juga: Cedera, Neymar Menepi hingga Pertengahan November

Suarez sendiri dilepas Barcelona setelah enam musim yang cukup sukses bersama klub Catalan itu. Mantan penyerang Ajax dan Liverpool itu berhasil memenangi 13 trofi bergengsi bersama Blaugrana, termasuk empat gelar Liga Spanyol serta satu Liga Champions.

Suarez pun praktis cabut dari Camp Nou sebagai legenda Barcelona. Status legenda tak terbantahkan, pasalnya Suarez telah mengukuhkan namanya sebagai top skor ketiga sepanjang masa klub, dengan torehan 198 gol untuk Barca.

baca juga: Marcus Rashford Pimpin Top Skor Liga Champions

Suarez hanya kalah dari legenda Barcelona, Cesar Rodriguez yang mengemas 232 gol, serta Lionel Messi (634 gol) yang memuncaki daftar top skor sepanjang masa Blaugrana.

Sekilas tentang background kepergian Suarez ini, sang striker memang telah diberitahu bahwa dirinya tak masuk dalam rencana pelatih anyar Barcelona, Ronald Koeman untuk kampanye 2020/2021 ini.

baca juga: PSSI Kembangkan Bisnis Garuda Store

Suarez menjadi salah satu korban revolusi Koeman di Barca, menyusul gelandang Ivan Rakitic yang baru-baru ini juga dibuang ke Sevilla, gelandang Arturo Vidal yang dilepas ke Inter Milan, serta fullback Nelson Semedo yang dilego ke Wolves.

Yang menarik, media-media Spanyol mengklaim Barcelona sebenarnya melepas Suarez ke Atletico dengan status free transfer.

Intinya, Barcelona sebelumnya sudah setuju untuk memutus kontrak Suarez, agar yang bersangkutan bisa leluasa dalam memilih klub barunya tanpa terbentur biaya transfer.

Namun setelah kubu Barcelona mengetahui minat Atletico, mereka berubah pikiran dan menetapkan banderol enam juta euro untuk sang striker.

Ini sempat jadi batu sandungan, namun setelah pihak pengacara Suarez turun tangan, akhirnya Barcelona merelakan kepergian sang pemain secara gratis tanpa menerima mahar sepeser pun dari Atletico.

Sebelumnya, Suarez sendiri sempat santer dikaitkan dengan juara Liga Italia Serie A, Juventus. El Pistolero bahkan kabarnya telah mengambil kursus bahasa Italia secara kilat.

Editor: Eko Fajri