Hajar Atletico Madrid, RB Leipzig Jumpa PSG di Semifinal Liga Champions

Selebrasi para pemain RB Leipzig usai mengalahkan Atletico Madrid.
Selebrasi para pemain RB Leipzig usai mengalahkan Atletico Madrid. (AFP)

KLIKPOSITIF - RB Leipzig secara mengejutkan berhasil menumbangkan Atletico Madrid pada laga perempatfinal Liga Champions di Stadion Jose Albalade, Lisbon, Jumat (14/8/2020) dini hari WIB. Die Bullen menang dengan skor 2-1.

RB Leipzig unggul lebih dulu lewat sundulan Dani Olmo pada menit ke-50. Kemudian Atletico Madrid sukses menyamakan kedudukan lewat gol Joao Felix dari titik putih menit ke-71.

baca juga: Comeback Lawan Fiorentina, Inter Masih Berada di Papan Tengah

Jelang laga bubaran, RB Leipzig justru berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1. Adalah pemain pengganti Tyler Adams yang berhasil membobol gawang Jan Oblak pada menit ke-87.

Berkat hasil ini, RB Leipzig berhak lolos k semifinal Liga Champions untuk menantang Paris Saint-Germain yang sebelumnya sukses mengalahkan Atalanta 2-1. Laga RB Leipzig vs PSG akan digelar pekan depan, Rabu (19/8/2020) dini hari WIB.

baca juga: Tanpa Mekanik yang Temani Sejak Tahun 2000, Ini Kru yang Akan Diboyong Rossi Ke Petronas Yamaha

Jalannya pertandingan

RB Leipzig yabg dinakhodai Julian Nagelsmann memulai laga dengan baik. Bek tengah Marcel Halsentenberg membuang peluang bagus saat sepakan volinya melambung di atas mistar gawang Atletico.

baca juga: Rossi Tanda Tangan Kontrak dengan Petronas Jelang Balapan Catalunya

Atletico balas mengancam, namun dua peluang mereka dari sundulan Stefan Safic dan tembakan Yannick Carrasco masih dapat diantisipasi kiper Peter Gulacsi.

Duel ketat di antara kedua tim sempat dihentikan sementara pada menit ke-34 saat kepala Safic dan Halstenberg terluka akibat duel udara. Beruntung setelah mendapat perawatan, kedua pemain itu dapat melanjutkan permainan.

baca juga: Performanya Tak Kunjung Stabil, Dovizioso Frustasi Karena Hal Ini

Leipzig yang unggul penguasaan bola pada babak pertama memiliki peluang terakhir menjelang turun minum. Kali ini sundulan Dayot Upamecano dari bola tendangan bebas masih mengarah lurus ke kiper Oblak.

Kerja keras Leizpig untuk membongkar pertahanan Atletico akhirnya terbayar pada fase awal babak kedua, saat umpan kiriman Marcel Sabitzer diteruskan sundulan Daniel Olmo ke sudut gawang Oblak.

Bek kiri Atletico Renan Lodi sempat berharap mendapat hadiah penalti saat ia terjatuh dengan sendirinya di kotak penalti Leipzig. Alih-alih mendapat penalti, ia justru diganjar kartu kuning oleh wasit Szymon Marciniak.

Namun Atletico benar-benar mendapat hadiah penalti saat Lukas Klostermann menjegal Joao Felix di kotak terlarang. Joao Felix sendiri yang menjadi algojo, dan bola sepakannya gagal ditahan kiper Gulacsi meski arahnya gerakan sang kiper sudah tepat.

Leipzig kemudian memasukkan Tyler Adams untuk menambal kekuatan lini tengah mereka. Ia berupaya segera memperlihatkan potensinya saat melepaskan sepakan spekulasi yang masih melambung di atas gawang Oblak.

Menjelang akhir waktu normal, Adams berhasil menebus kegagalan sebelumnya. Mendapat operan dari Angelino di sisi kanan, Adams kemudian mengendalikan bola sejenak sebelum melepaskan tembakan yang terdefleksi Savic dan masuk ke gawang Atletico.

Injury time yang awalnya diberikan hanya lima menit oleh Marciniak molor jadi delapan menit karena beberapa insiden, tetapi waktu itu tak bisa dimanfaatkan oleh Atletico yang harus rela pulang lebih awal dari Portugal, sedangkan Leipzig mencetak sejarah baru mencapai semifinal Liga Champions di usia yang baru satu dekade lebih saja.

Susunan pemain:

RB Leipzig (4-3-3): Peter Gulacsi, Marcel Halstenberg, Dayot Upamecano, Lukas Klostermann, Angelino, Marcel Sabitzer (Nordi Mukiele 90'), Kevin Kampl, Konrad Laimer (Tyler Adams 72'), Cristopher Nkunku (Amadou Haidara 83'), Yussuf Poulsen, Daniel Olmo (Patrick Schick 83')

Pelatih: Julian Nagelsmann

Atletico Madrid (4-4-2): Jan Oblak, Kieran Trippier, Jose Gimenez, Stefan Savic, Renan Lodi, Yannick Carrasco, Hector Herrera (Joao Felix58'), Saul Niguez, Koke (Felipe 90'), Marcos Llorente, Diego Costa (Alvaro Morata 72')

Pelatih: Diego Simeone

Editor: Eko Fajri