Setelah Elkan Baggott, Giliran Jack Brown Masuk TC Timnas Indonesia U-19

Gelandang serang Lincoln City U-18 yang juga pemain Timnas Indonesia U-19, Jack Brown.
Gelandang serang Lincoln City U-18 yang juga pemain Timnas Indonesia U-19, Jack Brown. (Youtube)

KLIKPOSITIF - Gelandang serang belia berkewarganegaraan Inggris-Indonesia, Jack Brown, dipanggil ke Tanah Air untuk mengikuti training camp (TC) Timnas Indonesia U-19 di Jakarta. Pemanggilan ini dibenarkan oleh asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto.

Sebelumnya, ada 46 pemain bergabung di dalam TC Timnas Indonesia U-19 yang sudah dihelat sejak 23 Juli lalu ini. Namun, 11 pemain sudah dicoret alias dipulangkan ke klubnya masing-masing oleh manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

baca juga: Tanpa Mekanik yang Temani Sejak Tahun 2000, Ini Kru yang Akan Diboyong Rossi Ke Petronas Yamaha

Jack Brown, playmaker 18 tahun yang saat ini berkarier di Inggris memperkuat Tim Lincoln City U-18, pun disebut sudah tiba di Indonesia, yakni sejak Selasa (11/8/2020) kemarin.

Nova Arianto lantas membenarkan bahwa Jack bakal ikut serta dalam TC Timnas Indonesia U-19.

baca juga: Pemain Dirotasi, Timnas U-19 Kalah Satu Gol atas Bosnia

"Iya benar, dia ikut (TC Timnas Indonesia U-19)," kata Nova Arianto saat dikonfirmasi Suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com, Kamis (13/8/2020).

Namun, Nova enggan berkomentar lebih detil. Mantan pemain Persib Bandung itu meminta publik sepakbola Tanah Air untuk menunggu perkembangan lebih lanjut terkait pemanggilan Jack.

baca juga: Rossi Tanda Tangan Kontrak dengan Petronas Jelang Balapan Catalunya

"Ditunggu saja ya kalau update soal Jack Brown," tukas Nova.

Ini bukan pertama kalinya bagi pemain berdarah Inggris-Indonesia itu dipanggil ikut TC. Pada tahun 2017 bersama sang kakak, George Brown, Jack ikut seleksi Timnas Indonesia U-19 namun gagal.

baca juga: Performanya Tak Kunjung Stabil, Dovizioso Frustasi Karena Hal Ini

Jack juga kembali dipanggil pada Januari 2020 lalu ketika Timnas Indonesia U-19 sudah dipegang oleh Shin Tae-yong. Namun, gelandang blasteran itu kembali gagal lolos ke tahap selanjutnya.

Seperti diketahui, seperti halnya Elkan Baggott, Jack bukanlah pemain yang akan dinaturalisasi timnas . Jack yang lahir di Jakarta punya ayah yang berasal dari Inggris, sementara ibunya adalah orang Indonesia.

Karena itu, baik Jack maupun Elkan bisa memperkuat Timnas Indonesia di level usia mana saja tanpa perlu melalui proses naturalisasi.

Elkan Baggott sendiri sebelumnya juga dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-19 di Jakarta, namun bek berusia 17 tahun tersebut saat ini telah kembali ke klubnya di Inggris, Ipswich Town.

Editor: Eko Fajri