Fakhri Husaini ke Sutan Zico Cs: Sepakbola Hanya untuk Anak-anak yang Kuat

Sutan Zico
Sutan Zico (Ist)

KLIKPOSITIF - Shin Tae-yong telah mencoret 11 pemain yang mengikuti TC Timnas U-19 Indonesia yang diproyeksi memperkuat Indonesia di Piala Asia U-19 2020.

Satu dari nama yang dicoret adalah Sutan Zico . Eks penyerang andalan Timnas U-16 itu mengatakan ada yang aneh dalam pencoretan dirinya dan 10 pemain lain. Pasalnya, pencoretan dilakukan setelah 46 pemain melakukan latihan ringan. Ini dinilai Sutan Zico aneh dan janggal, karena pelatih belum melihat kemampuan bermain pemain yang dipanggil TC.

baca juga: Pemain Dirotasi, Timnas U-19 Kalah Satu Gol atas Bosnia

Fakhri Husaini langsung menanggapi pernyataan Sutan Zico . Pelatih Sutan Zico di Timnas U-16 itu berbagi pengalaman dan memberikan nasehat kepada pemain muda asal Sumbar itu lewat akun instagramnya.

"Dicoret dari tim nasional dengan status kapten setelah timnas lolos ke Piala Asia , dicoret dari timnas hanya untuk mengakomodir yang lebih senior (pada saat pengumuman pencoretan malah manajernya yang menangis), hampir dicoret dari timnas karena dianggap berasal dari klub kecil, disanksi PSSI, diganti, dicadangkan, mendapatkan beberapa jahitan di pelipis, dipuji, dihujat, dikartu kuning, bahkan kartu merah saya sudah pernah mengalami," demikian mengutip dari instagram coachfakhri.

baca juga: Pratama Arhan Ingin Bermain di Eropa

Fakhri Husaini meminta pencoretan itu dijadikan momen untuk evaluasi dan introspeksi diri.

"Jadi, untuk sutanzico cs, apa yang kalian hadapi saat ini adalah hal biasa di sepakbola. Kecewa bolah tapi jangan berlama-lama karena waktu terus berjalan. Ingat, sepakbola hanya untuk anak-anak yang kuat. Kuat menerima pujian, kuat menghadapi ujian. Introspeksi diri, perbaiki setiap kekurangan, kesempatan kembali ke timnas selalu ada," tulis coach Fakhri.

baca juga: Komentar Shin Tae Yong saat Timnas U-19 Ditahan Imbang Qatar

Seperti diketahui, timnas U-19 digembleng di TC ini untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Editor: Rezka Delpiera