Demi Piala Dunia, Pemerintah Kucurkan Rp50,6 Miliar Untuk TC Timnas U-19

Foto bersama saat MoU Timnas U-19
Foto bersama saat MoU Timnas U-19 (PSSI)
KLIKPOSITIF

- Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia ( PSSI ) dan Kementerian Pemuda Olahraga ( Kemenpora ) menandatangani MoU perjanjian kerjasama fasilitasi pemusatan latihan (TC) tim nasional Indonesia U-19 menuju Piala Dunia U-20 2021 di Auditorium Wisma Kemenpora , Jakarta, Senin (27/7/2020) sore.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Ketua Umum PSSI , Mochamad Iriawan dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kemenpora RI, Yayan Rubaeni. PSSI disetujui mendapat anggaran dana dari Kemenpora senilai Rp.50.619.561.500. Pengajuan yang disetujui yakni, 46 atlet, pelatih 7 orang, 8 tenaga pendukung, sedangkan komponen yang difasilitasi yakni; Honorarium, Akomodasi dan Konsumsi, Suplemen, Try Out dan Training CampLuar Negeri, Transportasi, Peralatan/perlengkapan latihan tanding dan dukungan sport science, Perlindungan Kesehatan.

baca juga: Pemain Dirotasi, Timnas U-19 Kalah Satu Gol atas Bosnia

Pada kegiatan ini, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan ditemani oleh Wakil Ketua Umum PSSI , Iwan Budianto, Anggota Komite Eksekutif PSSI , Haruna Soemitro dengan Endri Erawan dan Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal PSSI , Yunus Nusi. Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainudin Amali menyambut langsung perwakilan PSSI . Selain itu, ada juga perwakilan dari KONI dan KOI.

"Kami PSSI berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, bapak Zainudin Amali atas dukungan serta bantuannya yang tidak henti-hentinya terhadap persepakbolaan nasional terutama terkait persiapan Timnas Indonesia U-19 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021," kata Iriawan dalam sambutannya."Kami laporkan timnas yang berencana melakukan pemusatan latihan ke luar negeri, rencana disepakati ke Korea Selatan, namun kita lihat perkembangan. Timnas nanti akan ikut Piala AFC bulan Oktober di Uzbekistan (2020). Mohon doa restu dari Pemerintah/ Kemenpora , semoga Timnas U-19 yang ada saat ini bisa membawa harum Indonesia di Piala AFC U-19 dan di Piala Dunia U-20," tambah Iriawan.

baca juga: Liverpool Akan Berikan Kejutan Saat Lawan Klub Jack Brown

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali dalam sambutannya menyampaikan anggaran yang diajukan oleh PSSI ini sudah review memakan waktu yang cukup panjang. "Ini ( PSSI ) cabor yang selama ini tidak pernah meminta bantuan kepada pemerintah, tetapi sekarang kewajiban pemerintah untuk membiayai Timnas U-19 yang diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021 nanti," kata Zainudin Amali. Kemenpora juga akan terus mendukung PSSI dalam persiapan timnas baik yang nantinya akan melakukan pemusatan latihan di Indonesia maupun di luar negeri. Serta menginginkan kepada PSSI agar bisa mengelola anggaran ini dengan baik.

"Ini untuk kepentingan Timnas untuk agar sukses, jadi harus dimaklumi kebutuhannya juga besar. Kita punya hajatan besar tahun 2021 menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Berikan rasa optimisme kepada anak-anak kita, beri rasa kebanggaan. Jangan sampai mereka hilang percaya diri. Pemerintah akan mendukung, mari kita semarakkan tuan rumah Piala Dunia U-20. Ini kerja kita semua, sukses adminstrasi dan sukses prestasi," jelas Zainudin Amali.Untuk diketahui, saat ini Timnas Indonesia U-19 sedang melakukan TC di Jakarta. Garuda Muda akan mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Anak asuh pelatih Shin Tae-yong ini berada di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. Dan tahun 2021, skuat Garuda Muda ini akan tampil di Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

baca juga: Bek Fiorentina Berdarah Indonesia Tak Bisa Perkuat Timnas, Ini Penjelasan PSSI

Editor: Haswandi