Ini Profil Pemain Tim Liga Inggris yang Dipanggil TC Timnas Indonesia

Elkan Baggott
Elkan Baggott (Net)

KLIKPOSITIF - Manajer pelatih Tim Nasional Indonesia U-19, Shin Tae-yong, memanggil 46 pemain untuk menjalani Training Centre (TC) di Stadion Madya, Jakarta, dari 25 Juli hingga 8 Agustus 2020. Dari 46 nama yang dipanggil, ada satu yang menarik perhatian.

Sosok yang dimaksud adalah bek keturunan Inggris yang kini tengah menimba ilmu di akademi Ipswich Town, Elkan Baggott . Lantas, kenapa Shin Tae-yong tertarik memanggil bek kelahiran 23 Oktober 2002 tersebut?

baca juga: Raih Poin Penuh, Madrid di Puncak Klasemen La Liga

Tentu, alasan utamanya karena Elkan Baggott memiliki keinginan membela Timnas Indonesia. Bek yang baru berusia 17 tahun itu memiliki mimpi membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia.

"Saya mau membantu Indonesia naik peringkat di FIFA. Saya juga ingin membawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia, dan meraih trofi. Keinginan saya hanya membuat keluarga dan bangsa ini (Indonesia) bangga," kata Elkan Baggott mengutip dari Football Tribe Asia, Selasa (21/7/2020).

baca juga: Pemerintah Tak Naikkan UMP 2021, Gubernur Jateng Malah Naikkan Hingga 3,27 Persen

Elkan Baggott memiliki keturunan Inggris dari sang ayah, dan Indonesia dari sang ibu. Ketika kecil, Elkan Baggott diketahui tinggal di Indonesia, tepatnya dikawasan Bintaro hingga 2011.

Pada 2011 ia dan keluarganya pindah ke Inggris. Sejak saat itu, Elkan Baggott fokus mengembangkan karier sepakbolanya. Sempat belajar di akademi Tottenham Hotspur, kini Elkan Baggott berguru di akademi Ipswich Town.

baca juga: Respon Pernyataan Presiden Prancis, Ini Kata Presiden Jokowi

Tidak disangka, bersama Ipswich Town Elkan Baggott tampil prima. Ia megantarkan Tim U-18 Ipswich Town menjuarai Hospital Cup Inggris, setelah mengalahkan tim-tim mapan seperti Manchester United dan Tottenham Hotspur.

Jika tampil sama baiknya seperti saat membela Ipswich, peluang Elkan Baggott berseragam Timnas Indonesia U-19 sangat besar. Praktis, dengan tinggi badannya yang mencapai 194 sentimeter, tenaga Elkan Baggott sangat dibutuhkan ketika Timnas Indonesia U-19 menghadapi lawan-lawan berpostur tinggi di Piala Asia U-19 2020.

baca juga: Humas Kemenkes Bantah Kabar Menkes Terawan Psotif Covid-19

Piala Asia U-19 2020 sendiri digelar di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja dan Iran. Setelah berjuang di Piala Asia U-19, Timnas Indonesia U-19 akan turut serta di Piala Dunia U-20 2021 yang digelar di Tanah Air.

Profil singkat Elkan Baggott :

Lahir: 23, Oktober 2002

Kewarganegaraan: Inggris, Indonesia

Media Sosial: @elkanbaggott

Sumber: Okezone

Editor: Eko Fajri