Kalahkan Juventus, Napoli Angkat Tropi Copa Italia

Napoli menjadi juara  Copa Italia
Napoli menjadi juara Copa Italia (net)

KLIKPOSITIF - - Napoli menjadi juara Coppa musim ini setelah berhasil mengalahkan Juventus dalam drama adu penalti Kamis, 18 Juni 2020 dini hari. Setelah bermain tanpa gol, Napoli unggul 4-2 dalam adu penalti di laga final yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma.

Pada awal pertandingan Cristiano Ronaldo memaksa kiper Meret melakukan penyelamatan pada menit kelima. Napoli tidak tinggal diam, peluang bagus mereka dapatkan melalui tendangan bebas Lorenzo Insigne yang membentur bagian atas tiang dekat gawang Juve. Partenopei memiliki tiga peluang bagus menjelang turun minum. Pertama melalui sepakan melengkung Insigne yang dapat dihalau Alex Sandro, kemudian upaya blok Buffon untuk menghentikan laju Diego Demme dari jarak dekat. Dari tendangan bebas yang dihasilkan, Buffon menepis bola tembakan Insigne. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

baca juga: Meski Menang di Kandang, Juventus Tetap Gagal Melangkah ke Perempat Final Liga Champions

Awal babak kedua menjadi milik Napoli yang menekan Juve. Bianconerri kemudian memasukkan Danilo untuk menggantikan Douglas Costa sehingga posisi Juan Cuadrado digeser lebih ke depan. Napoli juga melakukan pergantian pemain, dan Arkadiusz Milik memiliki peluang bagus saat melepaskan sepakan melambung.

Menjelang waktu normal usai, Buffon melakukan aksi heroik dengan menepis tandukan Nikola Maksimovic. Kiper gaek itu kemudian masih mampu menggagalkan peluang Eljif Elmas dari jarak dekat.

baca juga: Inter Milan Tundukkan Fiorentina di 16 Besar Copa Italia

Pada adu penalti, Dybala menjadi penendang pertama Juve dan kemudian gagal menunaikan tugasnya. Eksekutor pertama Napoli Insigne justru mampu menaklukkan Buffon.

Algojo kedua Juve Danilo juga tidak mampu mengeksekusi penalti dengan sempurna. Penendang berikutnya adalah Matteo Politano yang sukses mengeksekusi penalti untuk membawa Napoli memimpin 2-0.

baca juga: Peramal Ini Terawang Juventus Gagal Raih Scudetto ke 10 Secara Beruntun

Bek senior Juve Leonardo Bonucci sebagai algojo ketiga berhasil menjalankan tugasnya. Demikian pula algojo ketiga Napoli Maksimovic. 3-1

Keberhasilan Aaron Ramsey sebagai penendang penalti keempat sempat memunculkan harapan bagi Juve untuk memperpanjang adu penalti. Namun Milik yang menjadi algojo keempat Napoli berhasil memasukkan bola untuk memastikan timnya menjuarai Piala Italia .

baca juga: Rampungkan Stadion Sepakbola, Wali Kota Payakumbuh Targetkan Bakal Gelar Liga Payakumbuh Tahun 2022

Editor: Ramadhani