"Temugelang" Ikonik, GBK Masuk Nominasi Stadion Terbaik di ASEAN

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Stadion Utama Gelora Bung Karno masuk dalam stadion termegah dan ikonik di Asia Tenggara versi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). AFC merilis daftar lima stadion termegah dan ikonik pada Jumat (1/5/2000).

Stadion GBK bersanding dengan empat stadion lainnya, yakni Stadion Bukit Jalil (Malaysia), Stadion Australia (Sydney), Stadion My Dinh (Hanoi, Vietnam), hingga Stadion Rajamangala (Bangkok, Thailand). Lewat situs resminya, AFC juga mengajak para suporter untuk memilih tiga stadion terbaik menurut versi mereka.

baca juga: Di Masa Pandemi, Ini Tips Olahragawan Semen Padang Jaga Kebugaran

"Asia memiliki beberapa stadion terbaik di dunia, tempat ikonik yang secara rutin menghadirkan ribuan penggemar di tribun untuk mendukung tim favorit mereka," dikutip dari situs AFC.com.

"Kami menghadirkan beberapa stadion terbaik di Asia, dimulai dengan lima stadion paling ikonik di kawasan ASEAN," tulis AFC.

baca juga: Sanggah Menag, Menko PMK Tegaskan Masjid Istiqlal Belum Bisa untuk Salat Id

AFC menyebut GBK merupakan stadion yang sangat menakjubkan dan salah satu ikon Indonesia serta merupakan salah satu venue olahraga paling unik.

Salah satu kemegahan Stadion Gelora Bung Karno yang disorot AFC adalah atap ikonik GBK yang dikenal dengan julukan 'temugelang'. Atap yang berbentuk oval dan menutupi seluruh tribune semakin mempercantik tampilan GBK .

baca juga: Pendapatan Negara Jeblok, APBN Defisit Rp 257,8 Triliun

Kemegahan yang terpampang di Stadion yang berkapasitas Dengan kapasitas 77.193 tempat duduk ini tak terlepas dari renovasi besar-besaran saat Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 2018.

Stadion GBK dibangun untuk menjadi tuan rumah Asian Games keempat pada tahun 1962, Stadion Gelora Bung Karno dinamai setelah Presiden Indonesia pertama, Sukarno, dan telah menjadi tuan rumah sejumlah turnamen sepak bola dan pertandingan internasional di samping tiga Kejuaraan Atletik Asia, dan juga menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018.

baca juga: Booming Sepeda Sanki di Payakumbuh, Minions Rider Restorasi Sepeda Jadul Jadi Trendi

Editor: Eko Fajri