Piala Eropa 2020 Resmi Diundur Tahun Depan, Ini Komentar FFF

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Presiden Federasi Sepakbola Prancis (FFF) Noel Le Graet memuji keputusan UEFA menunda Piala Eropa 2020 hingga tahun depan di tengah pandemi virus corona.

Usai konferensi video, termasuk semua 55 anggota asosiasi pada Selasa (17/3/2020), UEFA mengkonfirmasi keputusannya untuk menunda Piala Eropa 2020 Euro dan menetapkan tanggal baru yaitu 11 Juni 2021.

baca juga: Anggota DPR Beri Catatan Soal Pemulihan Ekonomi COVID-19 dalam Omnibus Law

Penundaan ini memberikan waktu tambahan bagi musim liga - liga domestik Eropa untuk menyelesaikan kompetisi setelah hampir semua liga diberhentikan untuk memerangi penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Federasi Sepakbola Prancis sepenuhnya mendukung keputusan UEFA untuk menunda Euro 2020 hingga 11 Juni 2021 dan menyesuaikan format untuk kompetisi Eropa," kata Le Graet dalam pernyataanya seperti dlansir Sportskeeda.

baca juga: Kasus Positif COVID-19 di Pariaman Bertambah Lagi

"Pertandingan internasional yang direncanakan untuk Maret, termasuk dua pertandingan tim Prancis mulai 27 dan 31 Maret di Stade de France, karenanya akan ditunda secara logis hingga Juni."

"Keputusan UEFA yang bijak dan pragmatis ini memungkinkan sepenuhnya mendaftar dalam urgensi dan prioritas aksi kolektif guna melawan virus corona, sambil mempertimbangkan untuk mengakhiri kompetisi profesional dan amatir nasional hingga Juni."

baca juga: 203 Orang Positif Corona di Sumbar Selama Seminggu, Epidemiolog: Saya Tidak Kaget!

FFF telah menangguhkan semua pertandingan sepakbola di divisi ketiga ke bawah. Liga Sepakbola Profesional (LFP) memutuskan untuk menangguhkan Ligue 1 dan Ligue 2 sampai waktu yang belum ditentukan.

Virus corona atau Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi minggu lalu dan telah menginfeksi hampir 189.000 orang sejak kemunculannya di Cina akhir tahun lalu.Perancis memiliki 6.633 kasus virus yang dikonfirmasi.

baca juga: Ini Hasil Swab 111 Orang Warga Pasbar yang Kontak dengan Pasien Positif COVID-19, 220 Lagi Masih Ditunggu

Editor: Eko Fajri