Persebaya Berbagi Angka Lawan Persik Kediri di Laga Pembuka Liga 1 2020

Hansamu Yama Pranata, usai cetak gol penyeimbang bagi Persebaya Surabaya saat melawan Persik Kediri
Hansamu Yama Pranata, usai cetak gol penyeimbang bagi Persebaya Surabaya saat melawan Persik Kediri (Galeri Persebaya)
SURABAYA, KLIKPOSITIF -

Persebaya Surabaya harus puas dengan hasil imbang 1-1 saat melakoni laga perdana, Sabtu 29 Februari 2020 saat bertemu Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo. Laga tersebut juga sekaligus menjadi laga pembuka Shopee Liga 1 2020.

Mengawali babak pertama, the Green Force harus tertinggal lebih dulu atas tim tamu Persik Kediri lewat titik penalti. Sang eksekutor Gaspar Vega yang merupakan legiun asing Persik Kediri sukses menjebol gawang anak asuh Aji Santoso.

baca juga: Sempat Perkuat Persebaya, Pemain Ini Ungkap Momen Saat Satu Tim dengan CR7

Sedangkan gol balasan penyeimbang kedudukan bagi Persebaya tercipta lewat tandukan Hansamu Yama Pranata. Kedua gol yang diciptakan Persebaya Surabaya dan Persik Kediri ini tercipta di babak pertama.

Usai jeda turun minum, tim tuan rumah kembali mencoba memberikan tekanan ke gawang tim Macan Putih. Namun pertahanan rapat tim tamu membuat ancaman Persebaya selalu terhenti dan gagal merobek gawang Persik Kediri.

baca juga: Itali Menang Besar, Inggris Ditahan Imbang Polandia, Ini Hasil Kualifikasi Piala Dunia Semalam

Beberapa tekanan Persik Kediri pun juga tercatat beberapa kali mengancam gawang Persebaya . Salah satunya melalui kombinasi antara Septian Satria Bagaskara dengan Vega yang nyaris membawa Persik memimpin.

Beruntung penyelesaian akhir pemain Persik Kediri ini kurang bagus dan tidak mengubah papan skor hingga laga berjalan 70 menit. Sebaliknya, Persebaya yang merasa tertekan mendapatkan peluang lewat satu tendangan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Ricky Kambuaya pada menit ke-75.

baca juga: FIFA Buat Aturan Baru, Satu Babak 30 Menit dan Kartu Kuning Diusir Keluar Lapangan

Sayang bola masih bisa ditahan sang penjaga gawang Dimas, meski bola tersebut sempat lepas dari tangkapannya. Berselang beberapa menit, Ricky kembali memiliki peluang untuk mencetak gol, tetapi usaha tersebut masih melambung di atas gawang Persik Kediri.

Memasuki menit 85, Persebaya terus berupaya menggempur pertahanan tim tamu dan masuk ke kotak penalti Persik. Namun permainan rapi lini belakang Persik tampil disiplin menghalau tekanan tim kebanggaan Kota Pahlawan tersebut.

baca juga: Kasper Schmeichel: Saya Bangga Miliki Kapten Seperti Kjaer

Meskipun sejumlah kesempatan tercipta melalui David, Irfan Jaya hingga Oktafianus Fernando, peluang gol masih belum bisa membuat Dimas memunggut bola dari gawangnya sendiri. Puncaknya, jelang babak kedua berakhir, situasi menguntungkan bagi Persebaya tidak bisa dimaksimalkan dengan baik oleh David.

Tembakan bebas yang dilepaskan Konate lepas dari sergapan Dimas dan jatuh ke kaki David. Tetapi bola pun harus melambung di atas gawang Persik dan peluit panjang dibunyikan wasit Thoriq M. Alkatiri menutup laga yang berakhir dengan skor imbang 1-1.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani