Bantai Arema, Persebaya Bertemu Persija di Final Piala Gubernur Jatim

David da Silva dan Mahmoud Eid selebrasi usai cetak gol.
David da Silva dan Mahmoud Eid selebrasi usai cetak gol. (Galeri Persebaya)

BLITAR, KLIKPOSITIF - Tim Bajol Ijo pastikan langkahnya ke final Piala Gubernur Jawa Timur usai raih kemenangan atas Arema FC, Selasa 18 Februari 2020. Laga yang berlangsung di Stadion Soepriadi tersebut berakhir dengan skor telak 4-2 kemenangan untuk Persebaya Surabaya.

Mengawali babak pertama, Persebaya justru tertinggal lebih dulu setelah Johan Alfarizi merobek gawang Rivky Mokodompit lewat tendangan kerasnya. Anak asuh Mario Gomez berhasil memanfaatkan bola muntah tersebut menjadi sebuah gol.

baca juga: Piala Dunia U-20 Berlangsung Mei 2021, Bagimana Nasib Liga 1 Indonesia?

Namun beberapa menit berlalu, tepatnya di menit 18 sebuah malapetaka harus diterima kubu Arema FC. Salah seorang pemain Singo Edan, Jonathan Bauman harus diganjar kartu merah oleh wasit pasca melakukan pelanggaran terhadap mantan pemain Semen Padang FC U19 Arief Satria.

Akibatnya, Arema FC harus bermain dengan 10 pemain dan hal tersebut langsung dimanfaatkan oleh anak asuh Aji Santoso. Skor imbang 1-1 pun tercipta lewat David Da Silva yang lepas dari pengawalan lini belakang Arema FC.

baca juga: Jadi Orang Indonesia Pertama Ikuti Rapat Teknis Komite AFC, Ini Kata Indra Sjafri

Tendangan jarak jauh yang dilakukan legiun asing the Green Force ini berhasil merubah skor menjadi imbang. Penjaga gawang Kartika Aji yang menjadi pemain terakhir Arema FC tidak mampu mengantisipasi tembakan keras jarak jauh David da Silva.

Jelang turun minum, skuat Persebaya berhasil unggul lewat kreasi duo legiun asingnya. Umpan Makan Konate berhasil dikonversikan menjadi gol oleh Mahmoud Eid lewat tandukannya, skor 2-1 untuk Persebaya di babak pertama.

baca juga: Liga 1, 2 dan 3 Akan Dimulai Awal 2021?

Usai jeda babak pertama, rotasi pemain dilakukan oleh Aji Santoso yang menurunkan Irfan Jaya di lini depan. Hasilnya, pemain bernomor punggung 41 tersebut membawa Persebaya memperlebar keunggulannya menjadi 3-1.

Sebaliknya, Arema FC yang harus kehilangan satu pemain ternyata dialami oleh Persebaya di menit 58. Abu Rizal yang sebelumnya telah diganjar kartu kuning, kembali mendapatkan kartu kuning kedua dan mengharuskannya meninggalkan lapangan.

baca juga: Kompetisi di Tengah Pandemi, PSSI Buat Buku Panduan

Namun, meskipun sama-sama bermain dengan 10 Arema FC belum mampu mengejar ketertinggalannya. Sehingga tim lawan yang bermain lebih dominan malah semakin memperlebar jarak gol setelah gol keempat disarangkan oleh David da Silva.

Mendekati berakhirnya babak kedua, Arema FC berhasil menambah satu gol lagi lewat Elias Ardete dan merubah skor menjadi 4-2. Berhadapan langsung dengan Rivky Mokodompit, Elias Ardete berhasil memperdaya Rivky yang pernah bermain di Ranah Minang tersebut.

Skor 4-2 ini pun bertahan hingga laga usai dan Persebaya akan bertemu dengan Persija Jakarta yang telah menanti di partai final. Persija yang bertemu dengan tuan rumah Madura United berhasil menang tipis 2-1.

Laga final ini sendiri menurut rencana akan digelar pada Kamis 20 Februari 2020 mendatang. Namun hingga kini lokasi laga pamungkas antara Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya ini masih belum ditentukan oleh panitia penyelenggara Piala Gubernur Jatim yang menjadi ajang pre season jelang kompetisi Liga 1 2020 bergulir.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera