Lawan Sabah FA, Persebaya Turunkan Empat Legiun Asing

Makan Konate saat sesi Offical Training Persebaya jelang menghadapi Sabah FA di Stadion Gelora Bung Tomo
Makan Konate saat sesi Offical Training Persebaya jelang menghadapi Sabah FA di Stadion Gelora Bung Tomo (Galeri Persebaya)

SURABAYA, KLIKPOSITIF - Persebaya Surabaya siap turunkan skuat terbaiknya saat menjamu Sabah FA dalam International Friendly Match melawan Sabah FA, Sabtu 8 Februari 2020. Laga uji coba internasional tersebut akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo.

Pelatih kepala Aji Santoso dalam siaran persnya mengatakan the Green Force siap menampilkan kekuatan terbaiknya musim ini untuk pertama kali di depan puluhan ribu Bonek dan Bonita.

baca juga: Jika Diizinkan Ada Penonton, Harga Tiket Liga 1 Berkisar Rp250 Ribu Hingga Rp1,5 Juta, Kok Bisa Semahal Itu?

"Besok adalah pertandingan yang bagus. Sebab ini ajang uji coba yang sangat penting untuk terus memadukan tim. Apalagi, Persebaya akan melawan tim yang selevel juga," kata Aji Santoso, Jumat 7 Februari 2020.

Menurutnya laga melawan Sabah FA juga menjadi momen bagi dirinya untuk melihat bagaimana kemajuan timnya setelah menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta akhir bulan lalu. Kemudian juga melihat bagaimana kombinasi empat legiun asing Aryn Glen Williams, Makan Konate, Mahmoud Eid, dan David Aparecido da Silva.

baca juga: Ada Rencana Liga 1 Pakai Penonton, Ketum PSSI : Sepakbola Tanpa Penonton Itu Memang Hambar

"Hasil diskusi bersama tim pelatih, soliditas dan kekompakan seluruh pemain cukup bagus. Besok bisa kita saksikan dalam uji coba yang kompetitif," ujar pelatih kelahiran Malang 6 April 1970.

Ia menjelaskan untuk dapat menjadikan padu tidak berdasarkan berapa lama seorang bergabung bersama tim. Tapi bagaimana ia secepat mungkin beradaptasi satu sama lain dan saling memahami.

baca juga: Dari 18 Klub Liga 1, Hanya 9 Klub Ini yang Lolos Lisensi Klub AFC 2021

"Para pemain asing memang baru bergabung belakangan. Kerangka tim juga baru lengkap awal bulan lalu. Saya lihat Konate dan Eid sudah bisa mengirimkan bola kesukaan David. Saya rasa pemain asing dapat berkomunikasi dua arah dengan cepat," kata mantan pelatih timnas Indonesia U-23 tersebut

Aji menyebutkan bahwa persiapan Bajul Ijo sudah sesuai dengan program yang disusunnya. Tapi dalam laga melawan Sabah FA ini beberapa pemain juga ada yang tidak bisa turun karena beberapa alasan.

baca juga: Bertemu Semen Padang FC, Jafri Sastra: SPFC Tim yang Matang Namun Besok Adalah Kompetisi Sebenarnya

"Kami belum dapat menurunkan empat pemain seperti penjaga gawang Angga Saputra yang izin ada kegiatan di kesatuannya. Kemudian Mountala Zoubairou Garba Daniel dan Oktafianus Fernando tengah menjalani pemulihan serta ada Hansamu Yama Pranata yang masih menjalani ibadah umroh," ujarnya.

Sementara itu, ia menilai tim kebanggaan Bonek ini membutuhkan tiga hingga empat kali uji coba. Setelah lawan Sabah, Persebaya juga akan tampil di ajang Piala Gubernur Jatim (PGJ).

"Jaraknya memang sangat pendek ke laga perdana PGJ. Tapi saya sampaikan ke pemain tetap fight dan hati-hati serta jangan mengalami kerugian dengan adanya pemain cedera atau yang lain," katanya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera