PSSI Gelar Penyegaran Instruktur Pelatih

Foto bersama
Foto bersama (PSSI)
KLIKPOSITIF

- Untuk meningkatkan kualitas mutu instruktur pelatih dan pengembangan sepak bola nasional, PSSI menggelar instructor refreshment (penyegaran instruktur) pelatih. Kegiatan ini diikuti 33 instruktur serta dibuka langsung oleh Ketua Umum PSSI , Mochamad Iriawan pada Senin (3/2) dan berlangsung hingga Rabu (5/2) mendatang di NYTC Sawangan, Depok.

Ketum PSSI , Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pelatih yang berkualitas akan menghasilkan pemain yang berkualitas. Begitu pula dengan instruktur pelatih yang berkualitas akan menghasilkan pelatih yang berkualitas.

baca juga: Liga 1, 2 dan 3 Akan Dimulai Awal 2021?

"Peran instruktur pelatih sangat penting untuk mencapai target pelatih Indonesia yang dapat bersaing di tingkat internasional serta untuk pengembangan sepak bola Indonesia. Hal ini sesuai amanat Kongres PSSI 2020," kata Iriawan, yang dikutip dari laman resmi PSSI .

Saat ini PSSI dipercaya AFC untuk memiliki sertifikat kesetaraan dalam kurikulum kepelatihan tingkat C hingga B. Pengembangan sepak bola juga menjadi perhatian negara apalagi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah mengeluarkan inpres no 3 2019 tentang percepatan pembangunan sepak bola Indonesia yang melibatkan berbagai kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

baca juga: PSSI Kembangkan Bisnis Garuda Store

"Tugas para instruktur pelatih untuk menciptakan pelatih -pelatih Indonesia yang berkualitas agar dapat bersaing di level internasional. Sehingga ujungnya Timnas Indonesia dapat berprestasi di level internasional. Apalagi tahun depan kita akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, kita juga punya target lolos ke Olimpiade 2024 dan Piala Dunia 2030 yang bukan tidak mungkin para pemainnya berasal dari anak-anak didik yang dilatih oleh para pelatih binaan instruktur disini," jelas Iriawan.

Dilakukannya penyegaran instruktur ini merupakan agenda tahunan PSSI . Tentunya untuk melakukan pengecekan akhir akan konten dan silabus kepelatihan mulai dari lisensi D, C, B hingga yang tertinggi lisensi A.

baca juga: Kompetisi di Tengah Pandemi, PSSI Buat Buku Panduan

Sementara, Ahmad Bader sebagai senior technical advisor and coaching education director PSSI menyebutkan pada kursus kepelatihan tahun ini akan ada banyak perubahan.

"Penyegaran Instruktur ini merupakan awalan dari program tahunan yang nantinya diikuti dengan kursus kepelatihan yang sudah akan mulai dilaksanakan pada bulan Februari 2020. Jika pada tahun 2019 adalah masa transisi, maka pada tahun 2020 semua jenjang kursus akan ada konten baru, metodologi baru, serta kurikulum yang baru pula untuk semua jenjang kursus kepelatihan di Indonesia " ungkap Bader.

baca juga: Bagus Kahfi Ungkap Belum Siap Gabung Timnas U-19, Ini Alasannya

Pada gelaran penyegaran Instruktur tahun ini, diikuti instruktur pelatih dimana nantinya sebagian besar dari peserta akan menjadi instruktur pelatih pada sekolah pelatih lisensi D, C dan B bulan ini. Nantinya pada acara penyegaran, PSSI dan instruktur juga akan menandatangani perjanjian untuk penyelenggaraan sekolah pelatih sepanjang tahun 2020 mendatang.

Seperti kata Dirketur Teknik PSSI , Danurwindo, peningkatan kuantitas pelatih harus juga diimbangi dengan peningkatan kualitas instruktur. Kualitas instuktur bisa dijaga melalui program instructor for instructor dan penyegaran Instruktur agar ilmu kepelatihan di Indonesia bisa terus up to date atau mengikuti tren saat ini.

"Sepak bola terus berubah, kita setidaknya harus tau tren sepak bola saat ini. Oleh karena itu kita adakan penyegaran Instruktur dengan tujuan akhir adalah Sepak Bola Indonesia bisa memiliki Instruktur terbaik, pelatih terbaik, pemain terbaik untuk performa yang terbaik pula," kata Danurwindo

33 list instruktur pelatih yang mengikuti penyegaran di Sawangan, Depok

1. Emral Abus

2. Bambang Nurdiansyah

3. Mundari Karya

4. Deni Syamsudin

5. Kibnu Harto Slamet

6. Hanafing

7. Syafrianto Rusli

8. Liestiadi

9. Wolfgang Pikal

10. Yeyen Tumena

11. Jessie Mustamu

12. Iwan Setiawan

13. Yopie Riwoe

14. Lukas Torona Tumbuan

15. Zaenal Abidin

16. Danandjaya

17. Satia Bagdja Ijatna

18. Kartono Pramdhan

19. Heriansyah

20. Firmansyah

21. Djoko Susilo

22. Joko Susilo

23. Maman Suryaman

24. John Arwandi

25. Indra Sjafri

26. Nilmaizar

27. Aji Santoso

28. Widodo Cahyono Putro

29. Marwal Iskandar

30. Rudy Eka Priyambada

31. Seta Nurdiantara

32. Sartono Anwar

33. Ricky Nelson Gideonndun

Editor: Haswandi