Ada Usulan Pemain Asing di Liga 2, Seto: Kurang Bagus Untuk Pembinaan

Seto Nurdiyantoro, pelatih PSIM Yogyakarta
Seto Nurdiyantoro, pelatih PSIM Yogyakarta (Internet)

YOGYAKARTA, KLIKPOSITIF - Beberapa waktu lalu, salah seorang manajer klub Liga 2 Hendri Zainuddin dari Sriwijaya FC layangkan surat usulan penggunaan pemain asing Liga 2.

Menanggapi hal tersebut, pelatih anyar PSIM Yogyakarta Seto Nurdiyantoro angkat bicara akan wacana tersebut.

baca juga: Pemain Sepakati Pemotongan Gaji, Barcelona FC Terhindar dari Kebangkrutan

Mantan pelatih PS Sleman tersebut mengatakan usulan tersebut tentunya akan menimbulkan pro dan kontra antara klub peserta Liga 2. Menurutnya untuk hiburan, hal tersebut sepertinya cukup bagus dan menigkatkan minat penonton untuk menyaksikan liga kasta kedua di Indonesia ini.

"Pastinya akan ada pro dan kontra. Namun dari segi pembinaan mungkin tidak bagus karena akan menghambat pertumbuhan pemain-pemain muda. Kalau bisa liga ini (Liga 2) dapat menjadi ajang untuk menghasilkan pemain-pemain muda berbakat," katanya, Sabtu 1 Februari 2020.

baca juga: Batal Berkarir di Eropa, Warganet Berikan Semangat Untuk Bagus Kahfi

Meskipun memiliki pendapat seperti itu, ia tidak bisa berbicara tentang setuju dan tidak setuju akan isu tersebut. Namun tentunya akan dilihat dari kesempatan bermain bagi pemain muda lokal dibandingkan dengan nantinya jam bermain pemain asing tersebut.

Sebelumnya, pemakaian jasa pemain asing ini sendiri dilakukan terakhir pada saat kompetisi di Indonesia masih memakai nama Divisi Utama. Dimana Liga 2 saat itu terakhir menggunakan jasa pemain asing pada musim 2014.

baca juga: Dianggap Pahlawan, Maradona Akan Dimakamkan dengan Proses Kenegaraan

"Sebenarnya ini bukan masalah setuju atau tidak setuju. Tapi saya lebih melihat kalau dengan masuknya pemain asing akan mengurangi jam terbang pemain lokal dan mungkin bisa menghambat perkembangan pemain muda potensial yang ada," ujarnya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri