Dapat Lampu Hijau dari PSSI, Persebaya Bersiap Lawan Tim Malaysia Asuhan Kurniawan

Aji Santoso
Aji Santoso (Net)

SURABAYA, KLIKPOSITIF - Persebaya Surabaya bersiap lakoni uji coba perdana usai TC di Yogyakarta pada 8 Februari 2020 mendatang. Hal ini menyusul adanya lampu hijau dari PSSI sebagai payung organisasi sepak bola tanah air yang memberikan izin laga lewat surat bernomor 251/AGB/69/I-2020.

Surat tersebut ditandatangani langsung oleh Ketum PSSI Mochamad Iriawan dan disebutkan bahwa Persebaya harus mengirimkan match report lengkap paling lambat 2x24 jam setelah pertandingan diselenggarakan. Menurut rencana akan uji coba melawan Sabah FA yang dilatih oleh salah seorang legenda Sepakbola Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

baca juga: Pemain Sepakati Pemotongan Gaji, Barcelona FC Terhindar dari Kebangkrutan

"Saya sudah berkomunikasi secara intens dengan pelatih Sabah FA, Mas Kurniawan. Intinya, Sabah FA siap lakukan uji coba melawan Persebaya pada 8 Februari sebelum rangkaian uji coba lainnya," kata Sekretaris Tim Persebaya Ram Surahman.

Sebelumnya, kedua kesebelasan sudah menyepakati detail-detail yang harus disiapkan untuk pertandingan. Dimana laga uji coba tersebut akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo. Ram Surahman menambahkan sebenarnya uji coba melawan Sabah FA akan menjadi uji coba kedua Persebaya melawan tim senior di Gelora Bung Tomo menyongsong jelang musim 2020.

baca juga: Batal Berkarir di Eropa, Warganet Berikan Semangat Untuk Bagus Kahfi

"Sebelumnya, pada 11 Januari lalu Green Force sudah menjajal kekuatan melawan tim Liga 2 Persis Solo yang berakhir dengan kemenangan Rendi Irwan dkk dengan skor 4-0," katanya.

Sementara itu, pelatih Persebaya Aji Santoso menilai uji coba melawan Sabah FA tersebut merupakan laga penting untuk menyongsong musim 2020. Menurutnya, Sabah FA adalah tim yang satu level dengan tim-tim Liga 1 di Indonesia karena berkompetisi di Malaysia Super League.

baca juga: Dianggap Pahlawan, Maradona Akan Dimakamkan dengan Proses Kenegaraan

"Kami sudah bisa menurunkan skuat full team dimana 2 pemain asing yang masih belum bergabung yaitu Makan Konate dan David da Silva juga sudah bisa bermain nantinya. Sekaligus ini ajang untuk kami bisa menjajal kekuatan yang sesungguhnya untuk arungi musim 2020," kata Aji.

Laga uji coba Persebaya melawan Sabah FA tersebut juga direncanakan menjadi ajang launching team Persebaya . Saat ini Persebaya telah memiliki 28 pemain meskipun ada beberapa pemain yang belum bergabung dalam pemusatan latihan.

baca juga: Maradona Wafat, Argentina Tetapkan 3 Hari Masa Berkabung Nasional

"Skuad lengkap Persebaya bisa disaksikan saat melawan Sabah FA nanti," ujar pelatih kelahiran Malang, 6 April 1970 tersebut.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri