Menang Lagi, Liverpool Kian Kokoh di Puncak Klasemen

Liverpool
Liverpool (net)

KLIKPOSITIF - Liverpool kian kokoh di puncak klasemen Liga Inggris usai mengalahkan West Ham United. Bermain tandang di London Olympic Stadium, Kamis (30/1/2020) dini hari WIB, anak asuh Jurgen Klopp berhasil menciptakan dua gol.

Liverpool lebih dulu menekan di awal pertandingan. Jordan Henderson membuka peluangnya di menit kedelapan lewat sepakan kaki kanannya dari luar kotak penalti namun masih dapat diblok. Sementara Andrew Robertson mengancam lewat sudut sempit namun sepakannya masih tipis di samping kiri gawang setelah mendapatkan umpan terobosan Mohamed Salah di menit ke-24.

Pada menit ke-33, wasit menunjuk titik putih setelah Issa Diop melakukan pelanggaran di kotak penalti. Mohamed Salah yang menjadi eksekutor melakukan tugasnya dengan baik dan membuat Liverpool memimpin 1-0.

baca juga: Soal Perekrutan Pemain, Conte: Saya Membuat Klub Mendapatkan dan Tidak Kehilangan Uang

West Ham mencoba membalas ketertinggalannya. Namun usaha Mark Noble lewat tembakan kaki kanannya dari luar kotaj penalti masih berada di samping kiri gawang Liverpool yang dikawal Alisson. Sementara Liverpool kembali mencoba mendominasi pertandingan. Ancaman Alex Oxlade-Chamberlain dari luar kotaj penalti masih belum teoat sasaran di menit ke-42.

Sedangkan dua kali usaha Salah masih dapat diblok menjelang akhir babak pertama. HIngga turun minum skor 1-0 bagi Liverpool tetap tidak berubah.

baca juga: Kedatangan Rangnick ke Manchester United, Klopp: Ini Bukan Kabar Baik Untuk Tim Lain

Di babak kedua, West Ham mencoba mengambil inisiatif serangan. Lanzini mengancam lewat sepakannya setelah mendapatkan bola dari Declan Rice namun masih dapat digagalkan Alisson.

Liverpool balik menekan lewat Firmino namun bola tendangannya bisa ditepis Fabianski di menit ke-50. Dua menit berselang, Liverpool akhirnya unggul 2-0 lewat gol Chamberlain setelah mendapatkan umpan dari Salah.

baca juga: Apa Yang Ditawarkan Ralf Rangnick pada Permainan Manchester United?

West Ham mencoba membalas namun Alisson membuat penyelamatan pertamanya di laga ini pada menit ke-55 ketika Robert Snodgrass mendapat ruang tembakan dan melepaskan bola ke arah gawang. West Ham mendapat peluang di menit ke-70 tapi bola sepakan Rice bisa ditepis Alisson dan rebound hampir membobol gawang Liverpool setelah mengenai Trent Alexander-Arnold.

Pada menit ke-78, Salah nyaris mencetak gol ketiga Liverpool setelah menerima umpan Wijnaldum dari sisi kiri, namun bola menghantam tiang gawang West Ham. Pada menit ke-84, Alisson kembali membuat penyelamatan gemilang setelah menepis bola hasil sundulan Rice. HIngga wasit meniupkan peluit panjang skor tetap 2-0 bagi Liverpool .

baca juga: Sengitnya Grup B Liga Champions Untuk Tentukan Satu Tiket Tersisa Babak 16 Besar

Hasil ini membuat Liverpool makin kokoh di puncak klasemen dengan 70 poin dari 24 laga, unggul 19 ppin dari posisi kedua, Manchester City. Sementara West Ham berada di posisi ke-17 dengan 23 poin.

Editor: Ramadhani