Mengenal Lebih Dekat Pelatih Baru Barcelona, Quique Setien Si Pemain Catur dan Pengagum Messi

Quique Setien
Quique Setien (AFP)

KLIKPOSITIF -- Barcelona telah resmi menunjuk Quique Setien sebagai pelatih baru Barcelona . Setien menggantikan posisi Ernesto Valverde yang telah dipecat Barcelona .

Barcelona dan Valverde sepakat mengakhiri kontrak kedua pihak pada Selasa (14/1/2020). Pelatih 55 telah melatih Barca sejak 2017 dan telah menyumbangkan empat trofi domestik.

baca juga: Sulit Mengejar, Vinales Nilai Suzuki Kian Tangguh

Barcelona langsung mengumumkan Setien sebagai pelatih anyar mereka. Pria 61 tahun itu diikat kontrak bersama Barcelona sampai 30 Juni 2022 dan akan segera diperkenalkan kepada publik.

Meski telah memiliki pengalaman melatih klub klub di Spanyol, namun masih belum banyak yang tahu mengenai siapa Quique Setien.

baca juga: Cedera, Neymar Menepi hingga Pertengahan November

Klub Barcelona lewat laman resminya memberikan 10 hal untuk dapat mengenal lebih dekat dengan Setien pelatih baru yang akan menangani Lionel Messi dan kawan kawan.

Quique Setien memulai kariernya sebagai atlet sepak bola pantai, dimana dia pernah memperkuat Timnas Sepak Bola Pantai Spanyol.

baca juga: Marcus Rashford Pimpin Top Skor Liga Champions

Suporter Racing Santander menyebutnya dengan julukan El Maestro. Ia merupakan idola klub karena bermain di sana. Setien bermain sebanyak 12 musim dalam dua kesempatan dan juga melatih Racing Santander pada 2001/2002 serta membawa tim tersebut promosi ke La Liga.

Setien adalah pelatih Cantabrian (sebuah daerah otonomi di utara Spanyol) ketiga di Barcelona setelah Enrique Orizaola dan Laureano Ruiz. Setien telah 22 kali menghadapi Barcelona sebagai pemain dengan catatan lima kali menang, lima imbang, dan 12 kalah, serta dua kali mencetak gol.

baca juga: PSSI Kembangkan Bisnis Garuda Store

Sementara sebagai pelatih , ia tujuh kali bertemu Barcelona dengan catatan sekali menang dan enam kali kalah. Menariknya, kemenangan Setien sebagai pelatih terjadi musim lalu di Camp Nou.

Sebagai pelatih , dia pernah menukangi Racing Santander, Poli Ejido, Logros, Lugo, Las Palmas dan Betis. Selain itu, dia juga pernah melatih Guinea Ekuatorial. Saat bertandang ke Camp Nou, Sergio Busquets memberikan jerseynya dan menuliskan, "Untuk Quique, dengan cinta dan kekaguman saya kepada Anda atas cara Anda melihat sepak bola . Terbaik!".

Sebelum melatih Barcelona , Setien pernah melatih delapan mantan pemain Barca dan yang masih menjadi pemain Barcelona , yakni Bartra, Kaptoum, Tello, Sanabria, Araujo, Halilovic, Kevin-Prince Boateng, dan Junior Firpo.

Setien juga sering kali memuji Barcelona dan Lionel Messi yang dianggapnya sebagai "pemain mewah dan pemain terbaik dalam sejarah." Setin terakhir kali melakukannya saat memuji penampilan Messi di Benito Villamarn.

Selain sepak bola , Setien juga andal dalam bermain catur. Ia pernah menghadapi mantan pecatur nomor satu dunia, Anatoli Karpov dan Gary Kasparov.

Setien mengaku, kedekatannya dengan Messi bermula saat mendapat undangan melihat skuat Barcelona berlatih. Momen tersebut terjadi kala Blaugrana masih ditangani Pep Guardiola.

Pelatih 61 tahun itu pun mengaku langsung terkesima dengan Messi. Ia bahkan meminta agar sang pemain masih terus bermain hingga usianya 60 tahun, dan itu terbukti sekarang.

''Pada suatu ketika saat diundang Guardiola. Saya mendapat kesempatan langka menyaksikan Messi dari pinggir lapangan,'' beber Setien, dilansir dari Mirror.

''Setelah itu, saya lantas menemuinya dan meminta agar Messi terus bermain hingga saya berusia 60 tahun. Atau setidaknya hingga saya mati,'' tuturnya menambahkan.

Dengan begitu, kekaguman Setien pada Messi bisa langsung ditumpahkan dalam strategi di lapangan. Kejeniusannya pun langsung diuji kala Barcelona menjamu Granada pada lanjutan La Liga Spanyol , Minggu (20/1/2020) dini hari WIB. (*)

Sumber: Berbagai Sumber

Editor: Eko Fajri