Todd Rivaldo Ferre Pemain Muda Terbaik, Ini Daftar Penerima Penghargaan Shopee Liga 1 2019

Todd Rivaldo Ferre
Todd Rivaldo Ferre (Net)

KLIKPOSITIF -- Bali United menutup laga terakhir Shopee Liga 1 2019 dengan kekalahan 0-2 atas Madura United di Stadion I Wayan Dipta, Bali, Minggu (22/12) malam. Meski kalah di pekan ke-34, Serdadu Tridatu julukan Bali United tetap mengunci gelar Shopee Liga 1 2019 karena meraih total 64 poin yang tidak terkejar para pesaingnya bahkan sejak pekan ke-30.

Usai laga tersebut, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar penyerahan trophy juara ke Bali United bersama awarding lainnya. Trophy diserahkan langsung oleh Menpora, Zainudin Amali yang hadir di stadion bersama beberapa anggota Komite Eksekutif PSSI . Sang pelatih Bali United, Stefano Cugurra alias Teco juga menyabet predikat pelatih terbaik Shopee Liga 1 2019.

baca juga: Elite Pro Academy U-16 dan U-18 Resmi Digelar

Dengan hasil ini, Bali United berhak mengikuti Kualifikasi Liga Champions Asia musim 2020. Sedangkan PSM Makassar yang notabene juara Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/2019 akan mengikuti AFC Cup 2020.

Sementara, Persebaya Surabaya meraih posisi runner up Shopee Liga 1 2019 dengan meraih 54 poin. Bajul Ijo julukan Persebaya bisa saja mengikuti AFC Cup 2020 dengan syarat Bali United lolos ke babak penyisihan grup Liga Champions Asia 2020.

baca juga: Jelang Hadapi Australia, Timnas U-23 Adaptasi di Lapangan Sintetis

Untuk kategori klub fair play diraih oleh Tira Persikabo, selain itu pemain terbaik didapat oleh Renan Silva gelandang Borneo FC. Untuk pemain muda terbaik disabet oleh Todd Rivaldo Ferre (Persipura), serta gol terbaik milik David Da Silva (Persebaya) dan top skor diraih Marko Simic (Persija) dengan torehan 28 gol. Wasit asal Jawa Barat, Yudi Nurcahya dinobatkan sebagai wasit terbaik Shopee Liga 1 2019.

Untuk musim Liga 1 2020 mendatang, ada tiga tim promosi yakni juara Liga 2 2019 Persik Kediri, runner up Persita Tangerang, dan peringkat tiga Persiraja Aceh. Tiga tim ini menggantikan Badak Lampung FC, Semen Padang, dan Kalteng Putra yang harus terdegradasi musim ini.

baca juga: Persiapkan Laga Hadapi Australia, Shin Tae-yong Beri Latihan Unik Bagi Timnas U-23

Setelah Shopee Liga 1 2019 berakhir, masih ada dua kompetisi yang masih berlangsung yakni Liga 3 2019 dan Liga 1 2019. Untuk Liga 1 Putri final leg kedua akan berlangsung pada 28 Desember mendatang di Stadion Pakansari, Cibinong yang mempertemukan Tira Persikabo melawan Persib Bandung. Sehari setelahnya di tempat yang sama akan berlangsung final Liga 3 2019. Saat ini Liga 3 2019 sedang memasuki fase 8 besar yang berlangsung di Stadion Siliwangi, Bandung dan Stadion Joko Samudro, Gresik.

*Daftar Penerima Penghargaan Shopee Liga 1 2019

baca juga: Giliran Timnas U-23 yang Berjuang Setelah Timnas Wanita dan Timnas Senior Berjaya, Ini Harapan Ketum PSSI

Juara: Bali United
Pemain Terbaik: Renan Selva, Borneo FC
Pelatih Terbaik: Stefano Cugurra, Bali United
Pemain Muda Terbaik: Todd Rivaldo Ferre
Tim Fair Play: Tira Persikabo
Gol Terbaik: David da Silva, Persebaya
Wasit Terbaik: Yudi Nurcahya, Jawa Barat
Top Skor: Marko Simic, Persija Jakarta

Penulis: Eko Fajri